Perkawinan Indihome – Telkomsel Dikabarkan Akan Terlaksana Pada Q1 2023

Selular.ID – Penggabungan terbesar diantara industri telco dan layanan internet, Telkomsel dan Indihome kemungkinan akan terjalin di awal tahun 2023 dan sesuai dengan jadwal.

Hal ini disampaikan oleh E. Kurniawan selaku Vice President Marketing Management Telkom Indonesia ditemui pada sela wawancara pada acara Selular Digital Telco Outlook 2023.

Bahwa Kurniawan menjelaskan kemunculannya itu akan bisa dirasakan secara komersil pada awal tahun 2023.

Dan Kurniawan pun menjelaskan bahwa untuk sekarang ini masih masih dalam proses atau masih berjalan secara tahapan.

Dan dalam tahapan tersebut ia menyebutnya dalam 2 tahapan yakni “tetap dilanjutkan memberikan pelayanan fixed mobile broadband berbasis produk bundling antara Telkom dan Telkomsel.”

Dari bundling antara Telkom dan Telkomsel tersebut berjalan dengan FMC yang namanya Indihome Orbit.

Baca juga : Telkomsel Mitra Inovasi Perkuat Kolaborasi Startup dan Ekosistem BUMN

Kurniawan juga menjelaskan kalau ini harganya sama seperti produk yang sebelumnya indihome pernah berikan di 30mbps namun ada hal yang membedakan, yaitu harga agak mahal sedikit tapi sudah dapat Orbit.

“Indihome orbit ini harganya sama seperti yang 30mbps yang indihome tawarkan sebelumnya. Namun yang membedakan hanya di PSB, kalau di Pasang baru biasa itu bervariasi, kalau yang Orbit agak mahal dikit pasang barunya tapi sudah mendapatkan orbit, itu sudah bisa dinikmati oleh masyarakat.”

Lain itu termasuk juga layanan Smooa, Smooa ini adalah salah stu fitur yang sudah disiapkan oleh Telkom untuk pelanggan Indihome yang bisa digunakan untuk pemakai Indihome.

Kurniawan memberikan contoh soal cara kerjanya, “Misalnya satu pelanggan indihome berlangganan Smooa dia dapat 10GB atau bahkan lebih, sekitar 30ribu atau berapa puluh ribu itu bisa dipakai oleh 5 orang pengguna dirumah.”

Nah itu hal itu yang termasuk kedalam produk bundling dengan FMC.

Dan yang selanjutnya Telkomsel dan Indihome masih kedalam tahap proses penghitungan semuanya, seperti juga evaluasi di produk Indihome sudah sedang dihitung juga.

“Agar pada saat terjadi penggabungan secara bisnis, kalau sekarang kan masih produk bundling, kalau besok sudah Business to Business sudah pindah ke entitas Telkomsel maka itu sudah bisa pemakaian kuota bersama.” Jelas Kurniawan.

Kurniawan juga memberikan penjelasan jika membandingkan negara maju seperti China, perancis, atau di Belanda nanti konsep kerjanya seperti langganan Indihome dengan 3 nomor Telkomsel, atau langganan Indihome dengan layanan kuota internet.

“Jadi polanya yang kami inginkan seperti dari segi indihome nya bisa dipakai lalu kuota seluler nya juga bisa dipakai.”

Untuk kehadirannya Kurniawan menyebutkan bahwa akan on schedule yakni pada awal tahun 2023 sudah mulai sign untuk lebih staging kedua, atau bisa dikatakan setelah Maret sudah resmi secara komersial nya.

Baca juga : Resesi Global 2023? Ini Strategi Telkomsel Tahun Depan