Perbandingan Chipset MediaTek Helio G99 Dengan Yang Lain

Selular.ID – Inilah perbandingan dari chipset MediaTek Helio G99 dengan chipset dikelas 4G lainnya.

Chipset MediaTek Helio G99 kian populer hingga saat ini untuk pembekalan dapur pacu pada perangkat smartphone.

Smartphone-smartphone entry level yang telahh dirilis beberapa bulan terakhir ini mempercayakan MediaTek Helio G99 sebagai pendobrak performa bagi tiap smartphone.

Sebut saja smartphone yang menggunakan chipset pabrikan TSMC ini seperti, Infinix Zero 20, Tecno Pova 4 Series, POCO M5, dan realme 10.

Bukan hanya di smartphone saja ternyata chipset ini ada, pada perangkat tablet yang baru saja rilis pun sudah disematkan yaitu tablet Redmi Pad.

Baca Juga : Counterpoint: MediaTek Pimpin Segmen Pasar Kelas Bawah di Kuartal Kedua

Dirasa memang chipset MediaTek Helio G99 sudah cukup tangguh untuk perangkat smartphone dan tablet khusus entry level.

Meskipun belum support jaringan 5G tapi chipset ini sudah sangat mendukung untuk komponen lainnya, baik untuk kualitas kamera, mendukung grafis yang baik pada saat menonton hiburan atau bermain game sekalipun, juga tidak memberikan panas yang lebih pada sat smartphone digunakan.

Misalnya juga pada smartphone realme 10, dengan pembekalan chipset MediaTek Helio G99 smartphone ini mempunyai skor AnTuTu yang sangat tinggi ketimbang dengan smartphone yang setara.

Di realme 10 sudah mendapatkan skor AnTuTu Benchmark yang mencapai lebih dari 400.000, untuk di kelas smartphone yang lain masih mencapai 300.000an.

Itu masih perbandingan dari smartphone yang berbeda namun pembekalan chipsetnya sama. Dan ini perbandingan chipset Helio G99 dengan chipset dikelas smartphone 4G lainnya.

Jika dilihat dari gambar diatas, chipset yang satu ini menggunahan Processor Octa Core 4g yang dibangun atas proses fabrikasi 6nm yang diklaim memiliki performa 35% lebih baik dari chipset 4G lainnya.

Demikian pula berkat konfigurasi 2 Arm Cortex A76 CPU dengan clock speed hingga 2.2GHz dan Arm Cortex A55 dengan clock speed hingga 2.0GHz yang efisien.

Selain itu juga bersamaan dengan chip grafis GPU ARM Mali G57 MC2, serta proses teknologi 6nm membuat mediatek G99 memiliki peningkatan performa dan clock rate CPU dan GPU yang lebih tinggi.

Dan berdasarkan pengujian yang dihimpun dari POCO M5, untuk performa CPU yang dihasilkan dari chipset ini tercatat juga 40% lebih baik dibandingkan dengan chipset 4G berteknologi 6nm lain, sementara 75% lebih baik untuk sektor GPU.

Baca juga : Seberapa Hebat Chipset MediaTek G99 di Smartphone Infinix Zero 20 ? Mari Kita Bandingkan.