Dari Sampah Juga Bisa Mempercepat Transformasi Digital di Indonesia

Daur ulang sampah untuk transformasi digital.
Daur ulang sampah untuk transformasi digital.

Selular.ID – Indonesia punya talenta anak muda hebat yang mengelola sampah menjadi suatu yang amat sangat berharga, yang mana bisa membawa percepatan dalam transformasi digital.

Pada pergelaran acara tahunan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam acara yang bertajuk Smart City 2022 ini dihadiri dari peserta dari setiap daerah di seluruh Provinsi di Indonesia yang tergabung dalam Smart City ini.

Acara ini dilaksanakan selama dua hari, lebih tepatnya mulai dari hari kemarin Rabu 30 November hingga hari ini terakhir Kamis 1 Desember 2022.

Ada satu inovasi yang dirasa itu sangat keren inovasinya jika semua ini sudah dikembangkan sampai bisa di konsumsi seluruh masyarakat Indonesia.

Yaitu adanya inovasi bernama “Mall Sampah”, Mall Sampah, ini merupakan management platform, sebuah aplikasi yang memudahkan daur ulang sampah.

Baca juga : Sharp Gencarkan Mendaur Ulang Sampah Plastik ke Kaum Muda

Mall sampah ini wujudnya ialah bentuk aplikasi yang mana sistemnya mirip seperti penggunaan ojek online.

Masyarakat cukup mudah menggunakan nya, awalnya perlu memilah sampah, lalu akan ditimbang, selanjutnya memasukan informasi dan data foto sampah, serta memberikan titik jemput, serta penghitung permintaan sampah.

Nantinya Pengepul terdekat dari yg terintegrasi ke Mall Sampah akan mendapatkan informasi yang tadi diberikan untuk melakukan pengambilan sampah tersebut.

Ini menyejahterakan masyarakat, bukan hanya bagi yang mempunyai sampah, tapi juga sejahtera bagi para pengepul yang sudah menggunakan Mall Sampah ini.

Menjadi efisiensi bagi pengepul dari pada mencari muter tidak jelas mencari sampah yang dapat didaur ulang, dengan sistem yang diberikan Mall Sampah ini rute nya sudah jelas, juga jadi lebih meningkatkan peningkatan dari pengepul, karena hanya tinggal di jemput dari masyarakat.

Mall Sampah ini digagas oleh Adi Saifullah Putra seorang dari kota Makassar.

Dan aplikasi ini telah menyediakan di Jakarta dan Sulawesi Selatan. Dan diacara besar yang diikuti Mall Sampah ini, Adi berharap agar Ekosistem yg sudah terbentuk bisa dimanfaatkan pemerintah.

Pastinya dari ide yang cemerlang ini memiliki tujuan akhir yaitu mengurangi dan mendaur ulang sampah. Semua material daur ulang, seperti plastik, logam, dan juga kaca dapat di daur ulang.

Dan dari Mall sampah yang sudah dilakukan selama ini adalah dengan adanya kolaborasi dengan berbagai pemerintahan.

“Bentuk kerjasamanya pernah di lakukan, mendukung pemerintah kota pengurangan sampah dengan daur ulang sampah kepada Pemerintah Sulawesi Selatan, lalu Pemerintah Jakarta tentang bagaimana mengaplikasikan dari Mall Sampah ini sendiri” Kata Adi.

Dan diacara ini juga bertujuan untuk mempercepat akselerasi transformasi digital Indonesia 4.0 maka dari itu seluruh sektor sampai masalah pemanfaatan sampah harus dilakukan secara digital.

“Membantu pemerintah untuk mendigitali bank sampah disetiap daerah, karena itu strategi yg bagus untuk mengurangi sampah dan juga itu harus di digitalisasi.” Tutup Adi.

Baca juga : Blibli Daur Ulang Sampah Kardus Packaging Menjadi Bubble Wrap