Couchbase Resmikan Kerjasama Dengan AWS, Ini Tujuannya

Selular.ID – Salah satu perusahaan yang mempunyai basis data cloud, Couchbase mengumumkan Kerjasama dengan AWS (Amazon Web Service), ini tujuannya.

Bertepatan pada awal Desember kemarin Couchbase umumkan kerjasamanya bersamaan dengan AWS di gelaran AWS re:Invent 2022.

Melalui kerja sama ini, Couchbase dan AWS berkomitmen menawari pelanggan mereka kesempatan memasuki pasar yang terintegrasi, insentif komersial, dan integrasi teknologi.

Kerja sama ini juga memungkinkan pelanggan memindahkan beban kerja ke Couchbase Capella Database-as-a-Service (DBaaS) yang ditawarkan di AWS, serta memperluas Capella App Services untuk beroperasi di AWS edge services.

Didasari juga dengan adanya tren transformasi digital yang menjadikan muncul permintaan pelanggan untuk pembuatan aplikasi perusahaan di lingkungan cloud dan edge yang lebih cepat, mudah dan terjangkau biayanya.

Baca juga : Couchbase Memperkenalkan Capella Versi Terbaru, Apa Saja Keunggulannya?

Lembaga riset Gaerner menyebutkan, “pasar sistem manajemen basis data (DBMS) menunjukkan pertumbuhan yang signifikan sebesar 22,3% pada tahun 2021, yang terutama didorong oleh platform basis data cloud sebagai layanan (Database-as-a-Service /DBaaS), yang pangsanya telah mencapai hampir 50% dari keseluruhan pasar.”

Sebagai hasil dari penguatan kerja sama ini, pelanggan dapat dengan mudah menjalankan Capella di AWS dan mengembangkan aplikasi yang selalu aktif serta bisa diperluas ke mana saja, baik dari cloud ke edge maupun di antara keduanya.

Penggunaan Capella membantu pelanggan mengembangkan aplikasi modern di cloud, edge, serta di perangkat seluler dan IoT (Internet of Things) menggunakan bahasa, kerangka kerja, dan platform pilihan tim pengembangan mereka.

Perjanjian ini dibuat berdasarkan kerja sama yang sudah ada di antara dua perusahaan Capella di AWS, yang ada antara kedua perusahaan Capella di AWS, seiring penerapan Couchbase di infrastruktur AWS di edge.

Couchbase dan AWS juga akan bekerja sama dalam strategi pasar dan pelibatan pengembang untuk mendorong penggunaan Capella di AWS.

Kolaborasi ini juga akan mendukung Couchbase untuk menjangkau sekaligus memperluas pasarnya yang utama.

Baca juga : PJI dan AWS Siapkan Perempuan Masa Depan di Dunia STEAM