Catatan Akhir 2022 IOH: Pertumbuhan Solid Berkat Merger

Pertumbuhan solid IOH

Selular.ID – Belum genap satu tahun merger, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) merayakan pencapaian 100 juta pelanggan selulernya.

Hal ini tentu capaian luar biasa. Pasalnya, dua operator telekomunikasi di Indonesia Indosat Ooredoo dan Hutchison resmi mengumumkan penggabungan perusahaan pada 4 Januari 2022.

Sehingga, saat merayakan capaian 100 juta pelanggan (9 Desember 2022) perusahaan gabungan itu baru berusia 340 hari.

Sebagai entitas baru hasil penggabungan pada awal tahun 2022, IOH resmi menjadi bisnis telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia.

Di akhir tahun 2022, mari kita tengok pencapaian perusahaan usai merger di awal tahun.

Awal 2022, perusahaan mengumumkan penyelesaian penggabungan usaha antara PT Indosat Tbk (“Indosat Ooredoo”) dengan PT Hutchison 3 Indonesia setelah menerima semua persetujuan hukum dan pemegang saham yang diperlukan.

Perusahaan tersebut sekarang bernama Indosat Ooredoo Hutchison atau IOH.

Vikram Sinha, yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Indosat Ooredoo, memimpin IOH sebagai Chief Executive Officer (CEO).

Vikram Sinha, President Director IOH yang ditunjuk, menyampaikan, “IOH berada di posisi yang lebih kuat untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia serta menjadi pemain penting dalam ekosistem 5G dan transformasi digital bangsa.”

Kuartal 1

Director and Chief Regulatory Indosat Ooredoo Hutchison, M. Danny Buldansyah; President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha; Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Singh; dan Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung.
Director and Chief Regulatory Indosat Ooredoo Hutchison, M. Danny Buldansyah; President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha; Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Singh; dan Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung.

Usai penggabungan, perusahaan membukukan hasil keuangan yang solid dengan pertumbuhan yang kuat pada pendapatan dan EBITDA di kuartal pertama tahun 2022.

Hal itu didorong oleh peningkatan basis pelanggan, inovasi produk, program integrasi merger yang efektif, dan pengendalian biaya yang bijaksana.

Pada kuartal pertama tahun 2022, IOH meluncurkan beberapa inisiatif digital, termasuk bantuan permodalan dari platform pinjaman digital yaitu UCan (bekerja sama dengan QNB Indonesia) dan Bima Kredit (bekerja sama dengan Maucash).

Selain itu, IOH juga memperkuat kerja sama strategis dengan para mitra global pada penyelenggaraan Mobile World Congress lalu untuk membawa teknologi dan solusi terbaik ke Indonesia.

Integrasi karyawan dan jaringan IOH diwujudkan dengan cara yang dipercepat. Sebesar 20% dari inisiatif integrasi Perusahaan dari strategi implementasi 9 kuartal telah selesai, sementara sinergi aktual lebih cepat dari target.

Perseroan dengan cepat melakukan proyek percontohan untuk mengintegrasikan jaringannya dengan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN) setelah selesainya merger.

Perseroan berkomitmen memperkuat infrastruktur jaringan dengan penambahan 11.400 site baru dan perluasan jangkauan jaringan ke 7.660 desa baru di seluruh tanah air, yang ditargetkan selesai pada tahun akhir tahun 2025.

Kuartal 2

Sama seperti kuartal 1, perusahaan juga memberikan kinerja yang solid di kuartal kedua tahun 2022.

Perseroan membukukan peningkatan total pendapatan, pertumbuhan EBITDA, jumlah pelanggan, ARPU, serta laba bersih.

Bahkan, perseroan berhasil menjalankan rencana integrasi dan sinergi yang melebihi target di kuartal kedua tahun ini.

Brand IM3 dan Tri juga semakin mendapatkan kepercayaan pelanggan yang terlihat dari peningkatan NPS (Net Promoter Score) untuk kedua brand.

Baca Juga: IOH Laporkan Pendapatan Tumbuh 3% Menjadi Rp12 Triliun di Q3-2022

Di kuartal ini, IOH terus melanjutkan proses integrasi jaringan dengan teknologi MOCN (Multi Operator Core Network) sesuai target, yang didukung penuh oleh para mitra strategis.

Setelah proses tersebut selesai di akhir tahun ini, para pelanggan IOH akan menikmati pengalaman yang lebih baik untuk mendukung aktivitas dan gaya hidup digital mereka.

Pada kuartal kedua 2022, IOH bersama Lintasarta dan BDx bekerja sama untuk meluncurkan sebuah perusahaan joint-venture untuk mempercepat transformasi digital Indonesia dengan perusahaan data center baru yang berfokus pada bisnis hyperscale.

IOH berperan penting dalam mendukung agenda strategis Indonesia untuk mendorong pemulihan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi dengan menjadi 5G Official Partner Jakarta E-Prix.

IOH juga akan melakukan peluncuran layanan 5G di Bali dalam waktu dekat, untuk mendukung rangkaian agenda Presidensi G20.

Kuartal 3

Director and Chief Regulatory Indosat Ooredoo Hutchison, M. Danny Buldansyah; President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha; Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Singh; dan Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung.
Director and Chief Regulatory Indosat Ooredoo Hutchison, M. Danny Buldansyah; President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha; Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Singh; dan Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung.

Pada laporan kinerja operasional dan keuangan terakhir, IOH tetap mencatat pertumbuhan yang solid dengan mencetak peningkatan total pendapatan dan laba bersih di kuartal ketiga 2022.

Perseroan juga mencatat Laba Bersih sebesar Rp3,7 triliun pada 9B 2022.

Salah satu pendorong pertumbuhan kinerja IOH di kuartal ketiga tahun ini akibat peningkatan pelanggan dan penggunaan data.

Hal tersebut didorong oleh kedua merek konsumen, IM3 dan Tri, yang terus melengkapi dan mendapatkan daya tarik dalam segmen target mereka.

“Kami kembali mencatat pertumbuhan kuartal yang kuat berkat gabungan dua merek layanan telekomunikasi yang saling melengkapi satu sama lain dengan peningkatan 2,4 juta pelanggan seluler IOH pada kuartal ketiga 2022,” ucap Vikram Sinha.

Baca Juga: Gantikan GIG, Layanan Internet Rumahan Indosat HiFi Mulai Mengudara, Ini Daftar Harga Berlangganan

Pascapenggabungan, IOH terus melakukan integrasi jaringan dengan teknologi MOCN (Multi Operator Core Network) dengan dukungan para mitra strategisnya.

Saat ini, integrasi jaringan IOH telah mencapai lebih dari 50% dari total target sekitar 43 ribu sites yang sebagian besar akan selesai di akhir tahun 2022.

Setelah proses integrasi selesai, pelanggan IOH akan merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas, layanan di dalam ruangan yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat.

Pada kuartal ketiga 2022, IOH meluncurkan Indosat HiFi, sebuah layanan koneksi internet kabel optik (fiber-to-the-home/FTTH).

Layanan FTTH ini hadir untuk memenuhi kebutuhan internet kabel yang andal dan terpercaya untuk perumahan dan perkantoran.

IOH, melalui Indosat Business, juga meluncurkan platform IDE untuk mendukung transformasi digital pelaku UMKM di Indonesia agar #BeraniJadiBesar.

Baca Juga: IOH Catat Laba Bersih Rp129 Miliar di Kuartal I 2022

Memasuki kuartal 4 2022, pada pertengahan November, IOH bersama Telkom Indonesia berkolaborasi.

Kedua perusahaan akan berkontribusi dengan membawa inovasi digital masing-masing, meningkatkan literasi digital, dan mempercepat ekosistem digital di Indonesia.