Senin, 22 Juli 2024
Selular.ID -

Ternyata! MNC Group Dan ANTV Belum Suntik Mati Siaran TV Analognya

BACA JUGA

Selular.ID – Tidak semua pemerintah mensuntik mati siaran televisi yang masih berbasis analog, MNC Group dan ANTV terpantau masih bisa ditonton tanpa set top box.

Ternyata Kementerian Komunikasi dan Informatika belum dapat mensuntik mati para lembaga penyiaran swasta yang masih bisa ditonton secara analog.

Terpantau setelah acara hitung mundur Analog Switch Off yang bertepatan di Posko Pemantauan Penghentian Siaran TV Analog Pelataran Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kedua group dari stasiun televisi yakni MNC Group dan ANTV masih bisa menayangkan acara yang masih bersifat analog tanpa adanya set top box.

Dari MNC Group channel siaran yang masih bisa ditonton dalam bentuk analog yaitu diantaranya, RCTI, MNC, Global TV, serta dari Group VIVA yakni ANTV.

Dan berikut adalah hasil pantauan Redaksi Selular dari acara televisi diatas yang belum mematikan siaran TV analog pada pukul 02.26 WIB hingga 02.29 WIB.

MNC Group
Siaran TV Analog RCTI pada Pukul 02.27 WIB
MNC Group
Siaran TV Analog MNC TV pada Pukul 02.28 WIB
Siaran TV Analog Global TV pada Pukul 02.29 WIB
Siaran TV Analog Global TV pada Pukul 02.29 WIB
Siaran TV Analog ANTV pada Pukul 02.26 WIB
Siaran TV Analog ANTV pada Pukul 02.26 WIB

Baca juga : Resmi Mati! Bye-bye Siaran TV Analog

Seperti ada yang ganjal memang terlihat dari pada saat sebelum acara simbolis pemberlakuan Analog Switch Off dilakukan.

Terdapat sesi acara layaknya meeting online yang dihadiri dari berbagai stasiun televisi diantaranya, TVRI, Metro TV, Trans TV, TV One, RTV, SCTV, dan RCTI.

Seluruh stasiun televisi disapa hangat satu persatu oleh Menteri Kominfo Johnny G. Plate dan juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia Mahfud MD.

Namun tidak dengan RCTI, RCTI malah tidak menampakan perwakilannya untuk menyampaikan pesan, kesan serta kesiapannya dalam pemberlakukan ASO malam tadi.

Pantauan Menkominfo Terhadap Kesiapan Dari Stasiun Televisi
Pantauan Menkominfo Terhadap Kesiapan Dari Stasiun Televisi

Meskipun Set Top Box itu gratis tidak dipungut biaya untuk kalangan masyarakat kurang mampu, namun yang menjadi pertanyaan besar pendistribusiannya itu sudah tepat sasaran atau belum.

Untuk sejauh ini, pemerintah telah mendistribusikan 1.055.360 unit STB secara nasional, dan dari jumlah tersebut, untuk wilayah Jabodetabek telah dibagikan sejumlah 473.308 unit STB. Atau sudah sebanyak 98,7% dari target 479,307 unit STB.

Pada saat ditemui setelah sesi acara berakhir Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan “Bagi warga yang belum dapat kan STB telah disediakan 6 posko, nanti posko-posko tersebut akan melayani pertanyaan dan kebutuhannya, dengan menghubungi call center 159 dan nantinya juga petugas posko akan mengecheck NIK dari masing-masing warga apakah sesuai dengan daftar yang ada di Kominfo.”

Menkominfo juga melihat kasus adanya 5 stasiun televisi yang 4 diantaranya dari MNC Group dan ANTV tersebut yang masih belum menyuntik mati siaran TV analognya.

Dan pada saat pemaparan laporan pemberlakuan ASO, Menkominfo memperhatikan secara teknis memang masih ada stasiun televisi yang belum mati siaran Analognya.

“Saya memperhatikan secara teknis tidak semua yang disebelah kanan saya mati (siaran TV analog), dan saya juga berharap kerjasamanya, serta minta kepada pejabat terkait yang berwenang termasuk tim lapangan, untuk melakukan diskusi dengan baik agar penyelesaian nya juga dengan baik.” Kata Plate.

“Balik lagi ini semua demi kepentingan industri pertelevisian dan demi kepentingan layanan bagi masyarakat secara luas.” Tutupnya.

Dan sampai pagi pukul 07.00 WIB artikel ini ditulis dari keempat stasiun televisi tersebut masih bisa ditonton secara analog tanpa perlu set top box.

Baca juga : Kominfo Diminta Untuk Menunda Pelaksanaan ASO, Wajib Hormati Putusan MA

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU