Kenali Dan Antisipasi Perangkat Laptop Yang Terkena Virus

Selular.ID – Berikut adalah ciri-ciri perangkat laptop yang terkena virus, anda harus antisipasi.

Sudah seperti hal yang lumrah dalam pemakaian perangkat laptop apalagi kalau sering digunakan, datangnya virus kemungkinan besar jadi bisa singgah ke perangkat laptop anda.

Karena tidak asing memang istilah virus yang ada pada perangkat laptop, virus komputer atau bahasa pemrograman itu Malware merupakan sebuah program yang bisa membawa dampak buruk bagi setiap perangkat.

Karena virus itu bisa datang dari mana saja, dan dari pemakaian ringat sampai yang berat virus itu bisa masuk dari mana saja.

Baca juga : Belum Aman! Mobile Malware Masih Menghantui Perangkat di Indonesia

Anggap saja seperti kondisi saat ini pandemi covid 19 yang belum bisa hilang sepenuhnya, apabila kita sering keluar rumah tanpa adanya pencegahan dari diri sendiri virus tersebut juga bisa masuk kedalam tubuh kita.

Tidak beda jauh juga sama perangkat pada setiap laptop, anda juga harus kenali ciri-ciri laptop yang terkena virus tersebut.

Salah satu yang sangat lumrah datangnya virus ke laptop itu seperti ketika anda mengunduh film, lagu, atau yang lain dalam sebuah website yang bukan resmi.

Itu bisa jadi ada virus yang tertanam pada apa yang anda sedang unduh file tersebut.

Dan berikut adalah ciri-ciri laptop yang terkena virus

1. Performa laptop menurun
Siapa disini yang merasa laptopnya semakin hari semakin lambat digunakan? Padahal hanya digunakan untuk keperluan ngetik saja bukan?

Nah itu bisa jadi tanda yang pertama laptop anda sedang terkena infeksi virus. Karena mungkin anda banyak melakukan browsing dari website yang tidak jelas juga bisa penyebab virus itu masuk.

Tetapi selain dari itu, kemungkinan faktor lain yang menjadi performa laptop itu melambat karena memori atau ruang penyimpanan yang menyimpan banyak sekali file menjadikannya hampir penuh.

2. Antivirus mati
Pasti sebagian dari anda juga sudah memakai antivirus diperangkat laptop yang anda gunakan kan?

Nah tanda selanjutnya itu terlihat apabila antivirus yang kita sudah percaya untuk menjaga perangkat laptop tiba-tiba sudah tidak berfungsi atau mati.

Bisa jadi antivirus yang anda gunakan tersebut sudah diserang oleh datangnya virus.

Karena ada beberapa virus yang memang dirancang untuk menonaktifkan antivirus pada perangkat laptop anda.

3. Adanya File Rusak
Ini mungkin terlihat cukup jelas, karena memang diberbagai laptop dengan pemakaian yang cukup sering kasus ini sering ditemukan.

Karena virus tersebut bisa saja menyerang kepada file-file anda, seperti menghapus file, menyembunyikan file, dan ada juga virus yang mengunci file agar tidak bisa diakses oleh pengguna.

Mungkin dari ketiga kasus tersebut yang mungkin sering ditemukan oleh beberapa pengguna.

Tapi tenang, anda juga bisa antisipasi nya dengan berbagai cara. Seperti jangan pernah mengunduh file di sembarang website, dan mulailah dengan website website terpercaya.

Lalu rajin-rajin mengupdate antivirus, menjadikan resiko penyerangan dari virus tersebut ke antivirus anda minim.

Serta jangan sering juga mencolok atau menggunakan flashdisk yang sudah pernah dipakai pada berbagai perangkat laptop lain.

Baca juga : Laptop Gaming ASUS yang Jadi Andalan di Pengujung Tahun, Simak Spesifikasinya