Selular.ID – Netflix rilis layanan dengan iklan di 12 negara bulan depan, harga berlangganan yang lebih murah seharga US$6,99 atau setara Rp 107.000.
Kabar itu terkonfrimasi dari dari unggahan blog Netflix yang ditulis oleh Chief Operating Officer (COO) Netflix Greg Peters.
“layanan basic dengan iklan ini akan memakan biaya hanya 6,99 dolar AS per bulannya dan akan dirilis pada 3 November pukul 9 pagi PT (Pacific Time), “kata Greg seperti dikutip dari Antara, Jumat (14/10)
Negara yang akan pertama kali mendapatkan layanan iklan tersebut ialah Australia, Brazil, Kanada, Perancis, Jerman, Itali, Jepang, Korea, Meksiko, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat, terdapat 12 negara.
Greg juga mengungkapkan bahwa layanan dengan iklan tidak berdampak pada pelanggan Netflix yang sebelumnya sudah berlangganan layanan basic tanpa iklan, standar, serta premium.
Baca juga: Panas! Netflix dan Disney Siap Rebut Iklan TV Tradisional
Pada layanan yang paling murah ini, Netflix akan menghadirkan iklan berdurasi 30 detik hingga 1 menit dengan rata-rata iklan yang muncul 4-5 menit selama film diputar.
Dari segi kualitas gambar yang ditawarkan maksimal berada standar 720p/HD. Pelanggan basic, baik yang disertai iklan maupun tidak, juga tidak bisa mengakses video dengan kualitas yang lebih tinggi lagi.
Layanan itu juga tidak mendukung pengguna bisa mengunduh film atau tayangan di aplikasi Netflix. Greg menyebutkan, layanan Netflix dengan iklan berhasil diciptakan setelah bekerjasama dengan Microsoft.
Belum diketahui lebih lanjut apakah Indonesia juga akan menerima layanan yang sama atau tidak, opsi berlangganan terbaru merupakan imbas dari performa berlangganan yang semakin menurun di 2022.
Baca juga: Gandeng Netflix dan Banyak OTT Lainnya, IndiHome Diganjar Penghargaan
Netflix mencatat di kuartal II 2022, kehilangan 1 juta pelanggan akibat banyak pengguna yang berbagi kata sandi bersama.
Perilisan basic dengan iklan pun akhirnya dikembangkan untuk bisa menghadirkan layanan yang lebih terjangkau.