Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

AWS: Peluang Bisnis Pemanfaatan Data di Indonesia Capai Rp650 Miliar

BACA JUGA

Maulana Christanto, Chief Experience and Analytics, Ruparupa.com
Maulana Christanto, Chief Experience and Analytics, Ruparupa.com

Pada kesempatan yang sama, Chief Experience & Analytics Officer RupaRupa Maulana Christanto mengatakan, “Di RupaRupa, sejak tahun 2021 kami memusatkan para pakar data kami ke dalam satu tim, dan ini merupakan langkah penting untuk mendorong konsistensi dalam seluruh metode pengumpulan data, serta mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan wawasan (insight) yang relevan dengan bisnis kami.”

“Sebagai sebuah tim, fokus kami adalah untuk menjalankan bukti konsep pada AWS, yang memungkinkan kami untuk bereksperimen dengan cepat tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya overhead, serta untuk mendapatkan dukungan dari manajemen senior seiring dengan berkembangnya kemampuan tim kami.”

Sebagai contoh, kami memanfaatkan teknologi pembelajaran mesin seperti Amazon Personalize untuk memberikan rekomendasi produk pilihan kepada pelanggan kami berdasarkan minat belanja mereka di situs web kami.”

“Inovasi ini ternyata berhasil meningkatkan rasio klik-tayang (click-through) untuk rekomendasi produk, dari 5% hingga 9%, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dengan mengutamakan kebutuhan mereka.”

“Kami sangat gembira melihat bagaimana tim data kami di RupaRupa terus berkembang dari hanya dua orang di tahun 2019 menjadi sekarang lebih dari 20 orang.”

“Untuk terus meningkatkan kemampuan data kami, kami fokus menyempurnakan fitur analitik prediktif dan personalisasi kami, sembari memanfaatkan data secara lebih efektif dalam proses manajemen rantai pasokan kami, yang secara keseluruhan akan membantu peningkatan efisiensi biaya di seluruh bisnis kami,” pungkas Maulana.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU