Kamis, 31 Juli 2025
Selular.ID -

Peran Penting Media Sosial Mengubah Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja

BACA JUGA

Selular.ID – Peran Media Sosial dalam perjalanan konsumen dalam melakukan belanja berdampak sangat penting di masa era serba digital saat ini.

Media Sosial mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi konsumen dalam berbelanja secara online.

Media Sosial menyumbang hampir setengah dari penemuan online di kalangan konsumen Indonesia.

Seperti laporan studi yang diberikan oleh Bain & Company dan Meta, konsumen dapat terpengaruh dari media sosial yang dapat dilihat dari berbagai macam video, gambar, maupun pesan.

Baca juga : Lebih Dari 50% Konsumen Asia Tenggara Memilih Belanja di eCommerce, Ini Penjelasannya Lazada

Dari halnya video konsumen bisa terinspirasi sebanyak 19%, untuk dalam bentuk gambar 16%, dan dalam bentuk pesan 11%.

Dalam hal ini juga tools terkait yang diberikan seperti messaging atau perpesanan adalah media utama bagi pembeli digital Indonesia dalam tahap evaluasi.

Bisa dikatakan maksudnya dalam hal perpesanan ini, seperti contoh anda memiliki teman yang telah merasakan salah satu produknya yang mana anda juga ingin memilikinya.

Teman anda tersebut dapat merekomendasikan produk tersebut dengan memberikan ulasan seperti apa dan bagaimana penilaiannya.

Dan itu yang dimaksudkan dalam tahap evaluasi, dalam tahap ini konsumen digital Indonesia menguasai lebih dari 40% pangsa pasar.

Konsumen dan dengan peran media sosial dalam melakukan belanja dan mencari produk yang menjadikan memberi lebih banyak nilai dan keterlibatan.

Lain itu juga media sosial merupakan bagian yang cukup besar dari eCommerce alternatif di Indonesia.

Mewakili diantaranya 55% pangsa belanja online melalui pembelian langsung, 45% pangsa melalui iklan baris, dan 37% melalui business messaging.

Bussines messaging digunakan secara kuat di Indonesia. 63% responden mengatakan bahwa mereka berinteraksi dengan akun business messaging dalam satu tahun terakhir.

Dan terkhusus di Indonesia sendiri menunjuan penetrasi yang tinggi, dengan 77% responden telah menggunakan business messaging.

Dari hasil studi yang kedua perusahaan lakukan juga melihat konsumsi video yang lebih besar, rata-rata tahun ini karena sekarang ini merupakan aktivitas pertama yang dihabiskan konsumen secara online.

Hampir 1 dari 3 responden Indonesia menempatkan video sebagai salah satu saluran teratas mereka untuk menemukan dan mengevaluasi produk.

Baca juga : Ramai Jastip Pembelian iPhone 14 Series di Media Sosial. Inilah Perbandingan Harganya

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU