Menuju 5G, LG Sukses Mengirim dan Menerima Data 6G THz

6G

Selular.ID – Baru satu tahun Indonesia memasuki era 5G, di belahan dunia lain sudah mulai meraba 6G, setidaknya di Korea Selatan.

Raksasa Korsel LG telah berhasil menguji transmisi dan penerimaan data 6G Terahertz (THz) pada jarak 320m di lingkungan luar ruangan di Fraunhofer Heinrich Hertz Institute (HHI) di Berlin, Jerman.

Pengujian dilakukan pada 7 September pada rentang frekuensi 155-175 GHz dan disebut-sebut sebagai langkah maju yang besar dalam komersialisasi jaringan 6G di daerah perkotaan.

LG dan mitranya menggunakan penguat daya multisaluran 20dBm khusus untuk mentransmisikan data dan penerima penguat kebisingan rendah yang membantu meningkatkan kualitas sinyal yang masuk.

“Dengan keberhasilan demonstrasi terbaru ini, kami selangkah lebih dekat untuk mewujudkan kecepatan 6G 1 terabit (TB) per detik di area perkotaan indoor dan outdoor.” – Dr. Kim Byoung-hoon, CTO dan EVP LG Electronics.

“Kami berharap 6G menjadi pendorong utama bisnis masa depan dan pengalaman pengguna baru, dan tidak ada tempat yang kami inginkan selain menjadi yang terdepan dalam pengembangannya.” imbuhnya.

Baca Juga: Qualcomm Ungkap 10 Inovasi Untuk Tingkatkan portofolio Evolusi 5G Ke 6G

Dibandingkan dengan 5G, 6G bertujuan untuk memberikan kecepatan data puncak 50 kali lebih tinggi dan untuk mengurangi latensi 10 kali dan menawarkan keandalan yang lebih tinggi.

Untuk referensi implementasi mmWave 5G komersial, kelola kecepatan puncak hingga 3Gbps sementara maksimum teoritis sekitar 5Gbps.

Standarisasi jaringan 6G dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2025, sedangkan komersialisasi diharapkan sekitar tahun 2029.