Selular.ID – Tepat di Hari Jadinya yang ke-26, Erajaya mengumumkan perusahaan kini tidak hanya bergelut di bisnis penjualan gadget dan aksesorisnya, melainkan kini melebarkan sayap bisnisnya ke sektor lain.
Hasan Aula, Wakil Direktur Utama Erajaya Group, mengatakan, “Selama dua tahun ini, Erajaya telah bertransformasi. Bukan hanya di bidang gadget dan aksesoris, tetapi kini ada Erajaya Digital, Erajaya Active Lifestyle, Erajaya Beauty and Wellness, dan Erajaya Food and Nourishment.”
Hasan Aula juga mengungkapkan bahwa di tengah pandemi, Erajaya mampu bertahan dan bahkan bertumbuh dengan income sebesar Rp1,1 triliun di tahun 2021.
Pada kesempatan yang sama, Jeremy Sim, CEO Erajaya Retail Group, membuka presentasi dengan mengatakan, “Beberapa tahun lalu dalam rapat group, kami menyadari kami punya kekuatan yang kurang kita fokuskan. Kekuatan itu adalah pelanggan kami.”

Menurut Jeremy, setiap tahun Erajaya menjual belasan juta handset. Sementara siklus konsumen membeli handset baru selang 18 bulan.
Itu artinya, terdapat belasan juta konsumen yang bertransaksi di Erajaya.
“Kalau kita bisa tangkap 20-30 persen dari jumlah itu, maka customer base kita bisa berkembang,” kata Jeremy Sim dalam acara Media Gathering Eraversary di Jakarta, Selasa sore (16/8/2022).
Dari situ, selama satu tahun ini Erajaya telah mengembangkan bisnisnya sehingga saat ini berhasil menghimpun 6 juta pelanggan, Jeremy mengklaim.
“Lalu kalau sudah ada pelanggan, apa selanjutnya?”
Baca Juga: Upgrade Terusss Gaet 10 Ribu Pelanggan Erajaya
Setelah menganalisa tren kebiasaan konsumen, Jeremy memutuskan pengembangan bisnis baru perusahaan ke sektor-sektor yang menurutnya dekat dengan konsumen, atau disebutnya Costumer Centricity Approach-Omnichannel.
“Selama dua tahun ke belakang, group berkembang dari sektor IoT ke lima sektor baru, yakni Sport Apparel, Grocery, F&B, Medical, dan Beauty,” ungkap Jeremy.
Khusus Erajaya Digital (termasuk Erafone Cloud Retail Partner) yang dikepalai oleh Joy Wahjudy, telah mempunyai 6.300 SKU dengan 1.111 toko di seluruh Indonesia (Maret 2022).
Pada bisnis Active Lifestyle, Erajaya mempunyai Urband Republic, JD Sport, DJI, IT, Garmin, Marshall, dan Asics.
Pada bisnis Beauty and Wellness, Erajaya mempunyai The Face Shop, Wellings Pharmacy, Abbott, Siemens Healthineers, dan GE Healthcare.
Sementara pada bisnis Food and Nourishment, Erajaya memiliki Paris Baguette, GrandLucky, dan Sushi Tei.
“Pada Okober 2022 kami akan membangun toko group yang dinamakan ERABLUE yang akan mencakup seluruh bisnis Erajaya (termasuk Erafone) dengan target 5 toko di 2022 dan 500 toko di akhir tahun 2026,” kata Jeremy membocorkan.
Program Eraversary 2022
Erajaya menggelar rangkaian promosi dalam rangka perayaan hari jadi ke-26 bertajuk Eraversary 2022 yang digelar pada tanggal 15 Agustus hingga 31 Oktober 2022.
Dengan tema “so much fun in era”, event ini akan menghadirkan berbagai keriaan, online dan offline, promo yang menarik.
Tidak berhenti di sana, Eraversary 2022 juga menawarkan aktivitas yang tak kalah seru lainnya seperti rangkaian permainan yang bisa diikuti seluruh konsumen di semua toko untuk mendapatkan hadiah menarik.
Baca Juga: Erajaya Punya Program Upgrade Smartphone Lama ke Model Baru
Pelanggan setia Erajaya Group dapat memanfaatkan berbagai promo menarik untuk transaksi online maupun offline, seperti Harga Coret, Kombo Hemat, Flash Sale, hadiah voucer belanja, dan program cashback.
Promo berlaku di semua platform dan channel penjualan Erajaya Group, official stores Erajaya Group di Shopee dan Tokopedia, serta di seluruh jaringan ritel Erajaya Group.