Tips Dapat Review Bintang 5 dari Pembeli

Tips Dapat Review Bintang 5 dari Pembeli
Tips Dapat Review Bintang 5 dari Pembeli

Selular.ID – Ulasan dari pembeli dan dapat review bintang lima dari pembeli sanagt penting bagi kelangsungan bisnis pegiat usaha, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal.

Resti Purniandi, Merchant Education Senior Lead Tokopedia, membagikan lima tips mendapat review atau ulasan bintang 5 (lima) dari pembeli berikut tipsnya:

Responsif dan Komunikatif
Pembeli selalu senang dengan penjual yang cepat dan tepat dalam menjawab. “Jawab pertanyaan pembeli di kolom chat dan diskusi dalam waktu maksimal 10 menit agar meminimalisir potensi pembeli berpaling ke toko lain.

Sampaikan ke calon pembeli terkait jam buka tutup toko demi menjaga ekspektasi mereka. Penjual bisa menggunakan fitur Jadwal Toko untuk mengatur jam buka-tutup hingga jadwal libur toko.

Baca Juga: Reksa Dana Pendapatan Tetap Upaya Tokopedia Mudahkan Berinvestasi

Gunakan Foto dan Video yang Sesuai
Pastikan foto dan video produk asli dan buatan sendiri. Foto produk dari berbagai sisi dapat memudahkan pembeli melihat detail produk dengan jelas.

Manfaatkan juga pencahayaan yang terang dan gunakan latar belakang foto yang sederhana. Para penjual yang menggunakan foto produk asli dan video produk cenderung lebih dipercayai pelanggan.

Deskripsikan Produk dengan Jelas
Jelaskan produk yang dijual secara rinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, kelengkapan produk, detail warna hingga cara perawatan. Informasikan juga terkait layanan logistik yang digunakan serta jadwal pengiriman.

Kemas Produk dengan Aman
Gunakan ukuran kardus yang mendekati dimensi produk dan tambahkan pelapis secukupnya agar aman.

Periksa ulang produk yang akan dikirim sebelum dikemas, pastikan tidak ada cacat pada barang.

Kemas produk secara aman sesuai kategori barang dan pertimbangkan durasi pengiriman. Ingatkan pembeli untuk membuat video unboxing paket sebagai bukti kondisi produk jika ternyata ditemukan keluhan.

Baca Juga: Tidak Mau Kalah, Tokopedia Menyabet Banyak Gelar di Selular Award 2022

Jaga Komunikasi dengan Pembeli Setelah Bertransaksi
Ketika pesanan sudah diterima oleh pembeli, ucapkan terima kasih dan tanyakan langsung tanggapan pembeli terhadap pelayanan toko.

Mintalah kritik dan saran serta ajak pembeli untuk memberi ulasan produk dan bintang sebagai tanda kepuasan.