“Shopee Pilih Lokal” Hadir Dengan Nuansa Baru Dalam Mendukung Pelaku UMKM

Selular.ID – Shopee menggelar konferensi pers dengan meluncurkan pembaruan fitur dan logo platform dari layanan “Shopee Pilih Lokal” dalam mendukung usaha lokal Indonesia.

Dalam perjalanannya Shopee dalam dukung usaha lokal dimulai dari tahun 2019 mencetuskan program Eskpor Shopee yang menghadirkan ratusan ribu penjual di Indonesia.

Lalu di tahun 2020 Shopee membuat program Covid-19 100 M, ditahun yang sama shopee dukung Gerakan Nasional Bangga buatan Indonesia.

Pada tahun 2021 membuat regulasi produk impor, ditahun yang sama pada bulan April “Shopee Pilih Lokal” hadir di Indonesia.

Tahun 2021 merupakan tahun yang panjang karena Shopee setelah itu membuka 9 kampus UMKM Shopee dan kampus UMKM Shopee Ekspor, Pembukaan Shopee Center, dan membuat kurikulum Bisnis Digital.

Baca juga : Racun Shopee Citayam, Tentukan Pakaianmu Sebelum Ke Citayam Fashion Week

Ditahun 2022 saat ini dari inisiatif yang dilakukan oleh Shopee menjadikan 2 pengusaha lokal bisa ke mancanegara salah satunya brand fashion terkemuka Erigo.

Dengan keberadaan Shopee Pilih Lokal yang telah hadir selama 3 tahun ini, mempunyai fakta menarik mengenai apa yang telah dilakukan oleh Shopee selama menjalankan layanan ini.

Dijelaskan oleh Monica Vionna Selaku of Marketing Growth Shopee Indonesia ia menjelaskan bahwa durasi pelatihan UMKM di seluruh UMKM shopee ini diibaratkan dengan waktu tempuh roket dari Bumi menuju planet Mars.

“untuk pelatihannya diibaratkan dengan perjalanan roket dari Bumi ke Mars, yang berarti kami membutuhkan waktu kurang lebih selama 6 bulan untuk pelatihan UMKM di Shopee.” Kata Monica.

Lalu untuk mengambil foto seluruh produk yang pernah difoto pada seluruh Kampus UMKM Shopee diibaratkan memerlukan lebih dari 2000 jam terbang bagi seorang fotografer.

Dan juga banyaknya pengusaha lokal yang sudah ekspor bersama Shopee memerlukan 60 lapangan sepak bola untuk menampung seluruh pengusaha lokal yang sudah terintegrasi.

Selain itu, pada saat yang sama Shopee juga meluncurkan logo Shopee Pilih Lokal yang baru. Yang mana memiliki makna dan filosofi menggambarkan semangat baru dari shopee bagi para pengusaha lokal.

Karenanya Ada tampilan baru serta fitur baru yang menjadi pemicu semangat baru. Ada laman khusus kampus umkm shopee, ada koleksi binaan shopee, dan juga ada program Ekspor Shopee.

Baca juga : Cara Jualan di Shopee dan Tips Mendapatkan Banyak Pesanan

Selain dari pembaruan, Monica juga menginginkan akan melahirkan hari belanja baru yakni dimulai pada tanggal 17 Agustus, dan juga dirayakan setiap tanggal 17 dibulan bulan lainnya.

Di bulan ini sekaligus memperingati hari raya kemerdekaan Republik Indonesia menggelar Festival Pilih Lokal dan Festival Kuliner Lokal, yang nantinya akan ada berbagai macam promo, gratis ongkir dll.

Dengan menghadirkan banyaknya pembaharuan dari layanan “Shopee Pilih Lokal” Shopee bertujuan hadir menjadi kawan bagi umkm,

yang dapat membimbing umkm menjadi berkembang dan naik kelas, dan berjalan berasamaan agar bisa maju Bersama-sama. Selain itu Shopee juga mendukung upaya pemerintah dalam mencari 30juta umkm.

Komitmen dari Shopee juga pastinya mendukung usaha dari berbagai macam usaha lokal, lalu dari segi pelatihannya, dan program ekspor nya agar mudah dikenal tidak hanya di Indonesia tapi juga di mancanegara.

Baca juga : Cara Membayar TikTok Shop Melalui ShopeePay, DANA dan OVO