Setelah CyberDog, Xiaomi Pamerkan Robot Humanoid Pertama

Xiaomi Robot Humaoid CyberOne

Selular.ID – Tidak mau ketinggalan, Xiaomi terus berinovasi. Baru-baru ini perusahaan memamerkan sejumlah terobosan menarik.

Mulai dari kendaraan listrik pintar, smartphone lipat nan tipis, hingga robot humanoid yang bisa mengenali emosi manusia.

Xiaomi berkomitmen untuk menginvestasikan 100 miliar RMB (setara 220 triliun rupiah) untuk riset dan pengembangan selama lima tahun ke depan.

Founder, Chairman, dan CEO Xiaomi Lei Jun pada 11 Agustus 2022 lalu mengungkapkan langsung terobosan terbaru perusahaan di industri robot dunia.

CyberOne, Robot Humanoid Pertama dari Xiaomi Technology Ecosphere

Xiaomi menambahkan portofolio seri Xiaomi Cyber. Setelah robot peliharaan cerdas “Cyberdog” diperkenalkan tahun lalu, kini giliran “CyberOne” yang hadir sebagai anggota terbaru sebagai robot humanoid pertama dari Xiaomi.

Dengan AI sebagai inti dan bingkai humanoid berukuran penuh sebagai wadahnya, CyberOne adalah eksplorasi kemungkinan dari ekosistem teknologi masa depan Xiaomi, serta terobosan baru bagi perusahaan.

Baca Juga: Xiaomi CyberDog, Robot Anjing dengan Beragam Fitur Canggih

Secara tampilan, CyberOne memang dirancang menyerupai bentuk dan ukuran manusia, memiliki tinggi 177 cm dan berat 52 kilogram.

Dibandingkan robot yang dirilis tahun lalu, robot humanoid pertama dari Xiaomi satu ini merupakan sebuah hasil dari rancangan teknologi kompleks, untuk bisa melakukan sejumlah gerakan yang dapat menirukan gerak gerik manusia.

Xiaomi Robot Humaoid CyberOne

Tak hanya lebih powerful, Xiaomi juga merancang sejumlah motor penggerak yang diperlukan agar robot humanoid ini lebih efisien dan ringan.

Algoritma rancangan sendiri seperti humanoid bipedal control memungkinkan CyberOne untuk memiliki postur berjalan yang natural dan stabil, bahkan bisa mengangkat beban hingga 1,5 kilogram dari salah satu tangan robotiknya.

Untuk mengidentifikasi sekitar, digunakan kombinasi AI dan Mi-Sense depth vision module, agar mampu mempersepsikan ruang tiga dimensi dan mengenali objek di sekitar.

Baca Juga: JD.Com Buka Toko Robot, Gabungkan Pemesanan Online dan Penjemputan

Tak hanya gestur dan ekspresi manusia, CyberOne juga bisa mengenali 85 jenis suara dan sejumlah emosi manusia, berkat sejumlah teknologi MiAI.

Hasilnya? Robot ini bisa mendeteksi rasa bahagia, bahkan menghibur mereka yang sedang bersedih.

Menjawab salah satu tantangan terbesar dalam pengembangan robot pintar, yakni dapat memproses persepsi, kognisi, melakukan pengambilan keputusan sampai eksekusi selayaknya manusia dalam berbagai skenario.

Proses pengembangan Xiaomi CyberOne sendiri mengombinasikan sejumlah teknologi terdepan dari berbagai sektor, mulai dari biomechatronics, kecerdasan buatan (AI), big data sampai cloud computing.

Baca Juga: Lima Robot Pelayan Restoran Besutan Pudu Tersedia di Indonesia

Nantinya teknologi yang ada pada robot humanoid ini juga bakal diaplikasikan ke sejumlah produk Xiaomi jenis lainnya di masa mendatang.