Sejarah Berdirinya PayPal yang Kena Blokir Kominfo, Ada Nama Elon Musk

Pernyataan Resmi PayPal Tentang Registrasi PSE
Pernyataan Resmi PayPal Tentang Registrasi PSE

Selular.ID – Bagaimana sejarah dari PayPal yang merupakan penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat yang Kementerian Kominikasi dan Informatika (Kominfo) blokir.

Seperti informasi yang beredar, Kominfo memblokir PSE lingkup privat yang belum melakukan pendaftaran termasuk PayPal.

Aturan pendaftaran ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

TONTON JUGA:

Lalu bagaimana sejara PayPal yang banyak masyarakat dunia gunakan termasuk di Indonesia?

Sebagai sebuah layanan keuangan yang mencakup masyarakat secara global, PayPal memberikan solusi untuk mengirimkan uang lintas negara dengan biaya yang rendah.

Di Indonesia sendiri, banyak orang yang menggunakan PayPal untuk menerima uang dari luar negeri maupun para pekerja lepas/freelance gunakan untuk menerima uang.

Baca juga: Alasan Kominfo Memblokir PSE Paypal hingga Game, Bagaimana Situs dan Aplikasi Lainnya?

PayPal merupakan sebuah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang bergerak di sektor keuangan dengan produknya pengguna pakai untuk mengirimkan uang secara online ke berbagai negara.

Sejarah awal mula berdirinya PayPal mulai pada 1998 ketika para pendirinya, yaitu Max Levchin, Peter Thiel, dan Luke Nosek mendirikan Confinity, sebuah perusahaan di bidang keamanan perangkat lunak.

Karena merasa tidak berkembang, akhirnya perusahaan tersebut beralih fokus untuk membuat sebuah produk dompet digital. Versi pertama dari PayPal yang rilis pada 1999.

Pada Maret 2000, Confinity melakukan merger dengan salah satu perusahaan besutan Elon Musk, yaitu X.com.

X.com sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan finansial yang didirikan pada Maret 1999.

Di Oktober 2000, Musk memutuskan untuk memberhentikan layanan internet banking dari X.com dan mulai fokus untuk mengembangkan PayPal.

Di bulan yang sama, Elon Musk digantikan oleh Peter Thiel untuk menjabat sebagai CEO dari X.com, dan merubah namanya menjadi PayPal pada 2001.

PayPal lalu mulai melantai di bursa efek pada 2002 dan berhasil mengumpulkan dana lebih dari USD61 juta atau sekitar Rp906 miliar.

PayPal Gratis atau Berbayar?

Baca juga: Para Pemenang Selular Award 2022 Kategori Aplikasi, Favorit Kalian Jadi Juarakah?