Investasi Crypto di Kalangan Anak Muda Naik 9% Tahun ini

Investasi Crypto di Kalangan Anak Muda Naik 9% Tahun ini
Investasi Crypto di Kalangan Anak Muda Naik 9% Tahun ini

Selular.ID – Hasil dari Financial Fitness Index 2022 Bank OCBC NISP mencatat bahwa anak muda yang memiliki produk investasi crypto, reksadana, saham, naik 9% di tahun ini.

Namun sayangnya secara umum 78% menyatakan mereka tidak sepenuhnya memahami resiko dan manfaat dari produk investasi.

Hal tersebut diungkapkan Inggit Primadevi, Director Consumer Insights di NielsenIQ Indonesia, dari survei tersebut juga menunjukkan sebanyak 42% generasi muda Indonesia merasa percaya diri bahwa perencanaan finansial mereka saat ini akan memberikan kesuksesan finansial di masa depan.

Sayangnya, terdapat perbedaan antara apa yang mereka pikirkan dengan apa yang sebenarnya dilakukan.

Baca Juga:Begini Pentingnya Edukasi dan Keamanan dalam Investasi Crypto

Hal tersebut dibuktikan dengan 80% dari mereka tidak melakukan pencatatan anggaran, dan hanya 26% yang memiliki dana darurat.

Bahkan, hanya 9% dari generasi muda yang telah memiliki produk investasi seperti reksadana, saham, dan tabungan berjangka.

Tambahan lagi, hanya 17% yang sudah memiliki pendapatan pasif, 8% yang menggunakan uang sesuai anggaran dan hanya 22% yang benar-benar paham mengenai produk investasi yang mereka miliki.

“Mereka cenderung berinvestasi karena mengikuti tren di masyarakat dan menganggap investasi adalah cara cepat untuk mendapatkan keuntungan yang besar,”ujar Inggit.

Chinni Yanti Tjhin, Retail Proposition Division Head Bank OCBC NISP mengatakan, sedikitnya generasi muda yang menabung dan berinvestasi secara terstruktur merupakan kondisi yang mengkhawatirkan.

Sebab memiliki kesadaran saja tidak cukup untuk mencapai aspirasi keuangan. Di usia produktif, “Saatnya kita memikirkan bagaimana agar uang bekerja untuk diri kita,”tutur Chinni.

Secara keseluruhan, Financial Fitness Index 2022 menunjukkan bahwa skor Financial Fitness Indonesia naik menjadi 40.06 di tahun 2022, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 37.72.

Meskipun demikian, sebanyak 76% masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan keuangan yang perlu dibenahi, seperti mengeluarkan uang demi mengikuti gaya hidup teman.

Baca Juga:100 Aset Crypto Teratas Merah, Yang Hijau Kehitung Jari

Sebagai salah satu solusi dari permasalahan finansial yang dihadapi masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, NYALA OCBC NISP telah mempersiapkan solusi Check, Choose dan Cuan untuk mendukung mereka mengambil langkah konkret meraih kondisi yang #FinanciallyFit.