India Mulai Gelar Jaringan 5G Akhir Agustus 2022

Airtel 5G India

Selular.ID – Lelang untuk spektrum 5G di India berakhir minggu ini dengan operator menghabiskan total $19 miliar.

Salah satu operator di sana, Airtel, mengumumkan mereka siap untuk mulai meluncurkan cakupan 5G di seluruh negeri mulai akhir bulan ini.

Operator bermitra dengan Ericsson, Nokia dan Samsung untuk membantu peluncuran dan infrastruktur 5G miliknya.

Perusahaan menghabiskan 431 miliar rupee (sekitar Rp81 triliun) untuk memperoleh spektrum di pita 900Mhz, 1.800MHz, 2.100Mhz dan 3.300MHz untuk sub-6GHz 5G dan di pita 26GHz untuk mmWave.

Sebagian besar spektrumnya terletak di pita 3.300MHz dan 26GHz.

Perusahaan mengakuisisi total 19,8GHz dalam spektrum dan telah mengamankan hak untuk 20 tahun ke depan.

Baca Juga: Operator India Kecewa dengan Rencana Lelang Lanjutan Spektrum 5G

Peluncuran 5G akan dimulai di kota-kota utama, tetapi perusahaan belum menerbitkan time line publik untuk peluncuran tersebut.

Pembuat smartphone telah menjual ponsel berkemampuan 5G di India dan penggunanya akhirnya akan merasakan konektivitas generasi berikutnya.

Rival Airtel, Reliance Jio dan Vodafone Idea, juga membeli spektrum 5G, masing-masing menghabiskan $11,2 miliar (sekitar Rp164 triliun) untuk 24,7GHz dan $2,4 miliar (sekitar Rp35,8 triliun) untuk 6,2GHz.

Grup Adani juga membeli sebagian kecil spektrum. Mereka sedang berupaya meluncurkan jaringan generasi berikutnya mereka sendiri.

Jika Anda penasaran, berikut adalah hasil resmi lelang , menunjukkan operator mana yang membeli berapa banyak spektrum di setiap band di setiap area layanan dan berapa banyak mereka membayarnya.

Baca Juga: Kejar Indonesia, India Bersiap Lelang Spektrum 5G, Targetkan Waktu Peluncuran Maret 2023

Gopal Vittal, MD dan CEO, Airtel mengatakan, “Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Airtel akan mulai meluncurkan layanan 5G pada bulan Agustus.”

“Perjanjian jaringan kami telah diselesaikan dan Airtel akan bekerja dengan mitra teknologi terbaik dari seluruh dunia untuk memberikan manfaat penuh konektivitas 5G kepada konsumen kami.”

“Transisi India ke ekonomi digital akan dipimpin oleh telekomunikasi dan 5G menghadirkan peluang yang mengubah permainan untuk mendorong transformasi digital industri, perusahaan, dan perkembangan sosial-ekonomi India.”