Fitur end-to-end encryption Bakal Hadir di Facebook Messenger, Ini Fungsinya

Selular.ID – Facebook telah membagikan pembaruan tentang rencananya yang telah lama ditunggu-tunggu untuk mengaktifkan end-to-end encryption (E2EE) secara default di platform obrolan Messengernya.

Facebook saat ini menawarkan opsi kepada pengguna Messenger untuk mengaktifkan E2EE pada basis chat, tetapi skema opt-in seperti itu umumnya hanya dianut oleh minoritas yang sadar akan keamanan.

Menjadikan end-to-end encryption sebagai default akan menjadi langkah besar, menambahkan lapisan keamanan substansial ke platform obrolan yang digunakan oleh lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia.

end-to-end encryption berarti bahwa Facebook tidak dapat melihat konten pesan penggunanya dan hanya pengguna tersebut yang dapat melihatnya.

Baca juga : Facebook Berikan Layanan Agar Pembuat Konten Mendapatkan Keuntungan

Dalam beberapa tahun terakhir, induk Facebook Meta perlahan-lahan menambahkan lebih banyak lapisan enkripsi ke berbagai platform obrolannya, tetapi upaya ini belum disatukan.

Obrolan di WhatsApp dienkripsi secara default menggunakan protokol yang sama yang ditawarkan oleh Signal messenger yang aman dengan standar industri; enkripsi keikutsertaan untuk DM Instagram saat ini sedang diuji; dan Messenger menawarkan E2EE melalui fitur “pesan menghilang”.

Facebook sebelumnya mengatakan lambat untuk menjadikan E2EE default di semua platform obrolannya karena sulitnya mengintegrasikan teknologi tersebut ke dalam aplikasi yang digunakan oleh miliaran orang dan kebutuhan untuk menyeimbangkan privasi pengguna dengan keamanan.

Dalam pembaruannya hari ini, perusahaan menegaskan kembali bahwa itu di jalur untuk menjadikan E2EE sebagai default untuk semua obrolan dan panggilan di Messenger dan pada tahun 2023.

Perusahaan juga mengatakan telah mulai menguji fitur terbaru ini di antara beberapa orang pada minggu ini.

Selain tes baru E2EE default, perusahaan juga mengumumkan fitur bernama “secure storage” yang akan mengenkripsi cadangan cloud dari riwayat obrolan pengguna di Messenger.

Fitur baru lainnya yang sedang diuji di Messenger termasuk menyinkronkan pesan yang dihapus di seluruh perangkat, menguji kemampuan untuk membatalkan pengiriman pesan, dan menambahkan enkripsi ke pesan handsfree yang dikirim di Messenger menggunakan perusahaan kacamata pintar Ray-Ban Stories.

Baca juga : Permudah Pengguna, Headset VR Meta Bisa Digunakan Tanpa Login Facebook