Uni Eropa Sahkan Roaming Gratis Sampai 2032

roaming gratis

Selular.ID – Uni Eropa terus berupaya mencegah operator mengenakan biaya roaming untuk wisatawan di Eropa.

Para pelancong dari dan ke salah satu dari 27 negara anggota serikat atau Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) akan bebas roaming bahkan “gratis” selama 10 tahun lagi.

Inisiatif menghapus biaya roaming telah disahkan 5 tahun yang lalu dan mengakhiri upaya operator yang mengenakan biaya tambahan pada turis yang menggunakan jaringan mereka.

Sekarang inisiatif itu akan bertahan hingga 2032.

Bagian baru dari “roaming seperti di rumah” adalah fokus pada kualitas layanan.

Ini berarti pelanggan harus ditawari layanan yang sama ketika di luar negeri dengan yang mereka miliki di rumah, asalkan jaringan mendukung mereka.

Pada dasarnya, jika Anda memiliki 5G di jaringan rumah, jaringan roaming Anda harus menyediakan 5G saat berada di luar negeri.

Baca Juga: By.U Punya Paket Roaming Luar Negeri

Operator diwajibkan untuk menginformasikan kepada pelanggan tentang kualitas layanan yang bisa mereka dapatkan dan untuk menerima SMS dengan informasi jika ada potensi kenaikan biaya untuk suatu layanan.

Aturan baru ini juga bertujuan untuk meningkatkan informasi yang diberikan kepada pelanggan roaming tentang nomor darurat.

Jika pelanggan tidak dapat mengakses nomor darurat terpadu (112) maka operator harus memberikan alternatif, solusi gratis, seperti layanan pesan atau aplikasi.

Baca Juga: Operator Diprediksi Kehilangan Pendapatan Roaming Hingga USD25 Miliar

Operator masih akan mendapatkan cara untuk membatasi dampak roaming gratis ini dengan menerapkan kebijakan “penggunaan wajar”, kebijakan yang didefinisikan secara samar yang dimaksudkan untuk mencegah orang berlangganan operator di negeri asing dengan biaya lebih murah.