Opensignal Rangkum Perkembangan Terkini Teknologi 5G Masing-masing Operator di Indonesia

5G Indonesia
5G Indonesia

Selular.ID – Teknologi 5G memberikan pengalaman baru bagi penggunanya, dan Perusahaan analitik seluler Opensignal baru-baru ini memaparkan perkembangan 5G di Indonesia yang dihadirkan masing-masing operator.

Dalam laporannya, Opensignal melaporkan, Telkomsel masih mengantongi penghargaan terbesar, XL muncul sebagai pemenang baru dalam Pengalaman Video (Video Experience) dan Pengalaman Kecepatan Unduhan (Download Speed Experience).

Sementara Tri memenangkan pengalaman Game (Games Experience) dan Pengalaman Aplikasi Suara (Voice App Experience).

“Sebanyak enam kali berturut-turut, Telkomsel terus memenangi kategori Video Experience sejak Juli 2019. Namun kini XL menduduki posisi teratas dengan skor 44,8 dalam skala 100 poin,” kata OpenSignal.

Untuk kecepatan video, Telkomsel berada di posisi kedua dengan 43,1 poin, Indosat 40,9 poin, Tri di 37,7 poin, dan Smartfren 26,3 poin.

Baca Juga:Laporan: Apple Terbentur Hukum dengan Modem 5G Internal

Bukan hanya itu, XL juga unggul dalam pengalaman kecepatan unduh (download) dengan skor 18,7 Mbps. Kecepatan ini 15,2 persen hingga 108,1 persen lebih cepat dibandingkan pengalaman pengguna memakai operator lain.

Untuk kecepatan unduh, Telkomsel di posisi kedua dengan rata-rata 16,3 Mbps, Indosat 14,1 Mbps, Tri dengan 11,2 Mbps, dan Smartfren 9 Mbps.

Telkomsel unggul dalam kecepatan unggah (upload) dengan kecepatan rata-rata 7,7 Mbps, diikuti Indosat dengan 7,2 Mbps, XL 6,7 Mbps, Tri 5,9 Mbps, dan Smartfren 1,7 Mbps.