Rabu, 19 Juni 2024
Selular.ID -

Model iPhone Pro Bakal Menggunakan Chip Baru

BACA JUGA

Selular.ID – Selama ini Apple menyamakan prosesor baru di seri iPhone terbarunya. Sebagai contoh, chip A15 Bionic sama-sama dipakai untuk iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Diungkap analis Apple, Ming-Chi Kuo, ke depannya Apple hanya akan memberikan chip baru untuk seri Pro. Ini mulai berlaku untuk jajaran iPhone 14.

Artinya, Apple hanya dipakai untuk model iPhone Pro, sementara iPhone 14 dan iPhone 14 Max masih menggunakan chip A15 Bionic seperti di iPhone 13.

Sementara iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max bakal merasakan prosesor terbaru A16 Bionic. Penyesuaian chipset ini kemungkinan juga berlaku untuk model selanjutnya, yang mana iPhone 15 model non-pro bakal menggunakan prosesor A16.

Dengan demikian, konsumen yang membeli model iPhone Pro bakal mendapatkan lebih banyak keunggulan dibanding model non-pro.

Sebab selama ini perbedaan fitur keduanya memang cukup tipis. Sebagai contoh, model non Pro hanya mengusung dua kamera dan baterai lebih kecil.

Baca Juga: Bocor Harga iPhone 14 Pro Max, Ini Prediksinya

Sementara di iPhone Pro, kameranya lebih baik dengan tiga lensa dan baterai lebih besar.
Sebelumnya dilaporkan, Apple akan mengumumkan iPhone 14 series. Ada beberapa laporan terkait iPhone 14 series.

Salah satunya harga iPhone 14 Pro Max dan iPhone 14 lainnya. iPhone 14Pro Max mungkin menjadi iPhone termahal yang pernah ada.

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan dibanderol harga USD 1.099 (RP 16 juta) dan USD 1.199 (Rp 18 juta). Sementara itu, varian iPhone 14 Pro Max paling tinggi akan dijual seharga USD 1.699 atau sekitar Rp 25 juta.

Mengenai spesifikasi iPhone 14 Pro Max membawa peningkatan disektor kamera, dan diperdiksi iPhone 14 Pro bakal ditopang kamera 48MP.

Analis Apple terkemuka Ming-Chi Kuo menanggapi bocoran skema yang baru-baru ini dibagikan oleh Max Weinbach.

Skema menunjukkan bahwa dataran kamera belakang model iPhone 14 Pro akan meningkat sekitar lima persen di setiap dimensi, meningkat dari lebar 35,01mm, menjadi 36,73mm dan tinggi 36,24mm, menjadi 38,21mm.

Benjolan itu sendiri juga diatur untuk menonjol lebih jauh dari perangkat, meningkat dari 3,60mm pada iPhone 13 Pro, menjadi 4,17mm pada iPhone 14 Pro.

Kuo mengatakan bahwa alasan utama untuk tonjolan kamera yang lebih besar dan lebih menonjol” adalah karena “mengupgrade kamera belakang menjadi 48MP.

Dia menambahkan bahwa panjang diagonal dari sensor gambar kontak (CIS) iPhone diatur untuk meningkat menjadi 25 hingga 35% dengan lompatan ke 48MP.

Demikian juga, ketinggian sistem lensa kamera akan meningkat 5 hingga 10%. Seiring dengan penggantian takik dengan desain susunan kamera TrueDepth yang baru, pil dan berlubang, sistem kamera 48MP diharapkan terbatas pada model iPhone 14 Pro.

Keunggulan lain dari teknologi kamera memungkinkan perekaman video 8K, Video 8K beresolusi tinggi yang direkam dengan iPhone 14 Pro juga dikatakan cocok untuk ditonton di headset AR/VR Apple.

Kuo sebelumnya mengatakan bahwa dia percaya bahwa kualitas kamera model iPhone 14 Pro akan meningkatkan fotografi kamera ponsel ke tingkat yang baru.

Baca Juga: Tips and Triknya Pemakaian Baterai iPhone, Bisa Irit Jika Meletakkannya Terbalik?

Kuo juga pernah memperkirakan iPhone 14 akan memiliki dua sampai tiga kamera belakang bergantung pada model.

Ini merupakan lompatan besar dari 12MP ke 48MP, meskipun belum dapat dipastikan seberapa bagus kualitasnya. Tapi yang jelas dengan megapixel yang lebih tinggi maka akan memungkinkan mencetak foto dengan detail lebih tajam.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU