Kominfo: Sudah Ada 36 STB Tersertifikasi Untuk Pilihan Masyarakat

Cara menonton TV digital tanpa STB
Transformasi TV digital

Selular.ID – Dorong masyarakat gunakan Set Up Box, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ungkap sebanyak 36 STB tersertifikasi untuk jadi pilihan.

Melalui Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, 36 merek STB meraih sertifikat resmi dari pemerintah.

Selain itu, punya jaminan kualitas serta harga yang terjangkau agar dapat menikmati siaran televisi digital.

“Saat ini di Kementerian Kominfo tercatat 36 merk set top box telah tersertifikasi, sehingga masyarakat memiliki banyak pilihan set top box dengan berbagai penawaran fitur dan harga,” Imbuhnya dalam Webinar, Rabu (06/07/2022).

Baca Juga: 7 Aplikasi atau PSE yang Pernah Kominfo Blokir, Termasuk Telegram dan TikTok

Ia menegaskan, perangkat TV digital juga telah diperdagangkan secara luas di seluruh Indonesia.

Sedangkan bagi masyarakat yang masih memiliki TV analog dan belum memiliki rencana untuk mengganti dengan TV baru.

Bisa memasang STB sebagai solusi mudah untuk memanfaatkan siaran TV digital.

“Terdapat alternatif selain TV terestrial yang dapat digunakan masyarakat dengan berbagai pilihan siaran lain seperti melalui TV parabola free to air, media TV berlangganan dengan satelit atau kabel hingga mengakses konten multimedia melalui layanan internet,” tegasnya.

Baca Juga: Kominfo Sebut Ada 2.569 PSE yang Harus Daftar Ulang Jika Tak Mau Diblokir Bulan Ini

Kominfo menegaskan, Indonesia mengakhiri siaran TV analog sesuai amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021 tentang Cipta Kerja.

Dalam UU tersebut, paling lambat tanggal 2 November 2022 Indonesia telah bermigrasi dari siaran TV analog ke tv digital dan penghentian siaran TV analog atau Analog Switch-Off (ASO).

“Untuk selanjutnya, siaran televisi melalui terestrial sepenuhnya menggunakan teknologi digital. Bahkan sebelum adanya penetapan analog switch off dalam Undang-Undang CIpta Kerja, proses migrasi ke siaran TV digital sudah berlansung lebih dari sepuluh tahun untuk sampai ke titik ini,” ujarnya.

Usman Kansong, berharap dengan biaya yang dikeluarkan dari hasil kerjasama Pemerintah hingga swasta bisa mendapatkan hasil yang baik untuk ASO.

Banyak Biaya….

Baca Juga: Kominfo Sebut Bantuan Set Top Box ke Keluarga Tidak Mampu Belum Mencukupi