Harga Chip Akan Naik. Smartphone, PC, Laptop Pasti Kena Imbasnya

harga chip intel naik
harga chip intel naik

Selular.ID – Salah satu perusahaan chipset terbesar, intel dikabarkan akan menaikan harga chip imbas dari tekanan inflasi.

Belum lama kabar sebelumnya yang mengatakan bahwa terjadi gejolak kelangkaan chipset yang menjadikannya perusahaan smartphone ataupun laptop memangkas produksinya.

Kali ini kabar baru mencuat bahwa intel sebagai produsen chip terbesar didunia akan menaikan harga Sebagian besar processor dan chip sebesar 10 sampai 20 persen.

Dikonfirmasi oleh intel merujuk pada pendapatannya pada kuartal I, perusahaan mengindikasikan akan adanya kenaikan tarif pada beberapa produksi termasuk chip dari bisnisnya karena tekanan inflasi.

Baca juga : Kelangkaan Chipset Yang Melanda, Tapi Tidak Berefek Besar Bagi Infinix

Harga komponen utama untuk pembuatan chip juga semakin mahal, selanjutnya angka inflasi dan indeks harga konsumen di Amerika Serikat semakin tinggi yakni 9,1 persen mulai bulan Juni 2022.

Menurut kabar juga, alasan intel menaikan harga chip adalah karena biaya produksi dan operasional yang meningkat.

Baca juga: Qualcomm Segera Hadirkan Chip Baru untuk Smartwatch Wear OS

Konon memicu perusahaan untuk menerapkan kenaikan harga chip, yang mana intel menginformasikan kepada para pelanggannya sebelumnya dan kemungkinan akan terjadi pada bulan September – Desember 2022 mendatang.

Untuk pesaingnya dalam urusan produksi chip, Produsen TSMC atau Taiwan Semiconductor Manufacturing Company juga mengalami hal yang sama.

Karena TSMC juga mengalami peningkatan biaya operasional dan harga pembuatan chip yang melambung mahal juga, TSMC akan menaikan harga produksi chipnya.

Dikabarkan TSMC akan menaikan harga tidak sebesar intel, TSMC akan menaikan harga produksi chip mereka sebesar 6 persen yang dirumorkan akan terjadi pada Januari 2023 mendatang.

Baca juga : TSMC Naikan 6% Harga Chipset, Ini Dampak Penjualan Smartphone

Kita lihat selama beberapa bulan kedepan, jika rumor ini akan terjadi tentang kenaikan harga chip dipastikan juga harga barang elektronik atau perangkat yang harus menggunakan chip seperti smartphonem laptop, PC, Smart TV berpotensi pula penjualan akan semakin mahal daripada biasanya.