Trio Ponsel Pertama yang Menggunakan USB Type-C

Penasaran apa ponsel pertama di dunia mengadopsi port USB Type-C?

Anda mungkin tidak pernah mendengarnya, karena memang tidak mendarat di Indonesia.

Menyusul Apple dengan MacBook dan Google dengan Chromebook yang lebih dulu menggunakan port USB-C pada tahun 2015, adalah LeTV, perusahaan besar di industri hiburan China, yang meluncurkan smartphone pertama di dunia yang menggunakan port baru yang sangat mewah saat itu.

Kala itu, port USB-C disebut-sebut memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan standar microUSB yang ada.

Seperti konektor Lightning Apple, konektor USB Type-C dapat dicolokkan bolak-balik, jadi tidak ada istilah ‘terbalik’.

Port USB Type-C juga dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat ke layar eksternal, mendukung HDMI, VGA, dan DisplayPort, meniadakan kebutuhan adapter terpisah seperti port miniHDMI.

Baca Juga: Apple Kini Mulai Uji Coba iPhone dengan USB-C

Pada 21 April 2015, perusahaan Cina itu merilis trio smartphone yang dikemas dalam konektor baru USB-C. Dan mereka adalah:

Yang pertama adalah Le 1. Ponsel dengan layar 5,5 inci, Full HD, bertenaga chipset Helio X10 64-bit Mediatek.

Kasta terrendah dari trio ini dikemas dalam 3GB RAM, kamera belakang 13 MP f/2.0, kamera depan 5MP f/2.0, dan baterai 3000mAh.

Berikutnya ada yang lebih powerful, yakni Le 1 Pro yang serba aluminium dengan resolusi layar 2K (38ppi).

Bukan Mediatek, perusahaan menukarnya dengan Snapdragon 810, dan mendapatkan kamera depan ‘piksel besar’ sudut lebar 4MP f/2.0.

RAM juga ditingkatkan menjadi 4GB, dan ada dukungan untuk audio Dolby dan DTS, sementara bezel samping menyusut menjadi 1mm.

Baca Juga: Debut di AsTeng, Qualcomm Pamer 7 Smartphone Bertenaga Snapdragon 820

Perangkat terakhir adalah Le Max, sebuah phablet 6,3 inci dengan resolusi 2K, Snapdragon 810, dan RAM 4GB.

Le Max memiliki lebih banyak keunggulan. Ada DAC yang dibuat khusus dari LeTV dan audio yang disetel AKG, dan kamera belakang monster saat itu 21MP f2.0 yang menggunakan sensor Sony dan fitur autofokus pendeteksi fase super cepat, bersama dengan kemampuan untuk merekam video 4K.

Pengguna juga mendapatkan Wireless HDMI, sensor sidik jari di bagian belakang, baterai 3400mAh, dan bezel samping 0,8 mm yang sangat tipis.

Baca Juga: LeEco Siapkan Smartphone Dengan RAM 8GB

Harga ketiganya masing-masing adalah Le 1 dijual 1.499 yuan (sekitar Rp3,2 juta), sedangkan Le 1 Pro mulai dari 2.499 yuan (sekitar Rp5,4 juta) sedangkan diatawarkan Le Max 3.499 yuan atau Rp7,5 juta.