Sinergi di Era Konvergensi Telematika Semakin Urgen

Keunggulan SoftwareONE Bagi Perusahaan Dalam Transformasi Digital
Keunggulan SoftwareONE Bagi Perusahaan Dalam Transformasi Digital

Selular.ID – Sinergi antar pemangku kepentingan di era konvergensi telematika semakin urgen, dan menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihindarkan.

Kolaborasi diyakini membuat ekosistem informasi teknologi telematika Tanah Air berkembang semakin cepat, kuat, dan siap menghadapi berbagai tantangan.

Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika menyampaikan tentang pentingnya kolaborasi di era konvergensi. Menurutnya, era baru transformasi digital tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri.

Pasalnya pembangunan infrastruktur ICT di negara seperti Indonesia bukan hal yang mudah, apalagi di wilayah-wilayah non komersial dengan geografi yang terjal.

Baca Juga:Mastel: Insiden Pembantaian Petugas BTS Papua Pukulan ‘Berat’ Insan Telematika Tanah Air

Pembangunan ICT harus dilakukan secara masif, dengan waktu sesingkat-singkatnya. Itu semua hanya bisa tercapai hanya dengan berkolaborasi.

“Kemudian, konvergensi di ruang digital, yang harus diperhatikan sekarang adalah yang berkaitan dengan media konvensional dan new media. Pertumbuhan OTT sangat cepat. Konvergensi harus dijaga. Level of playing field harus dijaga,” terang Johnny di Jakarta, (14/06/22).

Johnny juga mengatakan hilir dari digital Tanah Air harus diperhatikan karena berkaitan dengan kedaulatan digital. Butuh visi bersama-sama untuk melindungi ruang digital di Indonesia.

Sementara itu Sarwoto Atmosutarno, Ketua Umum Mastel mengatakan, era konvergensi seluruh konten berada dalam satu genggaman.

Dengan perkembangan IoT, kecerdasan buatan dan lain sebagainya akan menghadirkan banyak tantangan dan peluang dalam hal pendidikan, penyediaan investasi untuk Indonesia, dan lain sebagainya.

Mastel mendukung penuh upaya pemerintah untuk melakukan transformasi digital di sektor ekonomi, pemerintahan dan sektor lainnya.”

Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR RI mengatakan Mastel selama ini menjadi mitra strategis yang terus memberikan masukan dan saran untuk perbaikan industri teknologi informasi dan komunikasi.

Menurut Meutya, Mastel memberikan masukan dan menjadi catatan, pembaharuan landasan hukum di bidang telekomunikasi dengan usulan undang-undang konvergensi telematika membantu pemerintah dalam mengatasi kesenjangan digital di Indonesia.

Membina kesehatan industri telematika, talenta digital serta keamanan demi terciptanya kedaulatan digital.

Baca Juga:Dorong Pemanfaatan Ekosistem Digital, Mastel Desak Pembentukan UU Konvergensi Telematika

“Ini menjadi catatan kami dan kami bersama pemerintah saat ini sedang menyelesaikan RUU perlindungan data pribadi. Jadi mudah-mudahan 1-2 bulan paling lama undang-undang bisa selesai,”tutur Meutya.

Meutya menambahkan, bersama pemerintah juga sedang fokus pada panja akses internet untuk mewujudkan internet yang inklusi untuk semua masyarakat Indonesia.