P50 Series: Smartphone Terakhir Huawei dengan Branding Leica

P50 Series: Smartphone Terakhir Huawei dengan Branding Leica

Selular.ID – Huawei belum lama ini mengumumkan akhir dari kemitraan jangka panjangnya dengan Leica, sebuah perusahaan Jerman yang memproduksi kamera dan lensa kelas atas.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa kerja sama antara kedua perusahaan kami berakhir pada 31 Maret,” kata perwakilan Huawei kepada Android Authority sebagai tanggapan atas pertanyaan yang dikirim melalui email.

Dengan demikian, seri Huawei P50 adalah smartphone terakhir dari Huawei yang memiliki branding Leica. Ini juga berarti bahwa Huawei Mate 50 tidak akan lagi memiliki kamera bermerek Leica.

Huawei dan Leica mulai bekerja sama pada 2016 untuk seri Huawei P9 dan seri Mate 9. Dengan kemitraan ini, Huawei mampu meningkatkan kualitas kameranya hingga sepuluh kali lipat, mendorong penjualan secara besar-besaran di pasar global.

Tercatat pada akhir 2016, Huawei menjual lebih dari 140 juta unit ponsel di seluruh dunia. Kehadiran P9 Series dengan Leica di dalamnya, terbukti menjadi momentum kesuksesan Huawei di pasar global.

Namun, larangan perdagangan yang diberlakukan AS 2019 pada perusahaan memengaruhi penjualannya secara besar-besaran.

Buntutnya, penjualan Huawei pun terjun bebas. Diketahui pengiriman smartphone perusahaan China itu,  21% lebih rendah pada 2020 dibandingkan dengan 2019.

Baca Juga: Leica Cari Mitra Smartphone Baru, Incar Xiaomi dan Honor

Laporan lembaga riset pasar Canalys, Huawei sudah terlempar dari posisi lima besar pangsa pasar ponsel global pada kuartal I-2021. Tercatat, perusahaan hanya mengirimkan 18,6 juta unit pada kuartal tersebut.

Menurut perwakilan Huawei, “Huawei berterima kasih kepada konsumen globalnya atas dukungan mereka dan akan terus memberi mereka pengalaman fotografi seluler terbaik melalui pengejaran inovasi yang berkelanjutan.” Ini berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang kualitas foto perangkat Huawei di masa depan.

Bisnis ponsel Huawei bisa disebutkan telah mati sejak larangan AS mulai berlaku. Ini benar-benar menempatkan paku di peti mati untuk mereka.

Sekarang Xiaomi melihat peluang dan meraihnya. Seperti diketahui, pada 25 Mei 2022, Xiaomi secara resmi mengumumkan kerjasama dengan produsen kamera terkemuka asal Jerman itu. Kolaborasi keduanya, menyusul berakhirnya kemitraan antara Huawei dan Leica pada akhir Maret 2022.

Dalam keterangan resminya, CEO Xiaomi, Lei Jun hanya mengatakan, baik Xiaomi dan Leica bersemangat untuk membawa fotografi selular ke tahap yang berikutnya.

Baca Juga: Inikah Ponsel Pertama Xiaomi Bermerek Leica?

“Xiaomi berfokus untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik, dan selalu berharap untuk mengeksplorasi kemampuan fotografi smartphone secara ekstrem,” kata Lei Jun.

Keputusan Xiaomi menggandeng Leica, tentu bisa  menjadi pembeda. Pasalnya, pengalaman Huawei membuktikan kolaborasinya dengan Leica mampu mengangkat penjualan secara signifikan.