Jiwa Internet Explorer Masih Ada Didalam Diri Microsoft Edge

Logo Internet Explorer

Selular.ID – Meski sudah tutup usia, layanan Web Browser Internet Explorer masih merasuki Microsoft Edge yang sebagai pilar pengganti bawaan dari Microsoft.

Internet Explorer benar-benar sudah dinonaktifkan pada hari Rabu 15/06 dengan masa baktinya selama  hampir 27 tahun.

Alasan pemberhentian layanan Internet Explorer ini ialah diawali faktor peramban web tersebut sudah menua dan kalah saing pada penggunaannya yang rata-rata lebih memililh memakai google chrome atau mozilla firefox.

Karenanya data StatCounter menyebutkan bahwa penggunaan Internet Explorer memiliki kurang dari setengah persen dari keseluruhan pangsa pasar browser.

Baca juga : Sejarah Internet Explorer yang Berakhir Hari Rabu 15 Juni 2022, Lahir Sejak Tahun 1995

Namun Microsoft tidak begitu saja menghilangkan Internet Explorer dari peradaban, tapi ia menggantinya dengan Microsoft Edge yang lebih fresh.

Kabar ini memang sudah beredar sejak Microsoft merilis Windows 10 pada tahun 2015, saat itu bersama juga pengenalan Microsoft Edge.

Sementara itu Microsoft telah pindah ke Chromium Powered Edge sebagai browser bawaan pada Windows 11, mesin MSHTML yang mendukung Internet Explorer masih menjadi bagian dari Windows 11.

Ada sebagian penggunanya juga masih menggunakan Internet Explorer yang digunakan untuk bisnis. Maka dari itu Microsoft masih memberikan mode Internet Explorer ini pada Microsoft Egde.

Microsoft juga telah memperingatkan tentang pemberhentian layanan yang ia lakukan saat ini dari tahun-tahun sebelumnya, namun sebagian bisnis masih ada yang terkejut dengan pemberhentiannya Internet Explorer.

Microsoft juga tidak dapat sepenuhnya menghapus Internet Explorer ini pada penggunanya tepat waktu.

Dan Microsoft juga mengatakan akan tetap memberikan dan mendukung mode Internet Explorer di Microsoft Edge ini setidaknya sampai 2029.

Baca juga : Microsoft Himbau Pengguna Stop Pakai Internet Explorer

Sebenarnya Microsoft membuat mode Internet Explorer di Microsoft Edge ini sudah dimulai pada tahun 2019.

Yang mendukung control ActiveX lama dengan masih digunakan oleh banyak situs lama.

Namun Microsoft juga masih melangkah hati-hati dengan petunjuk dan pengalihan sampai browser tersebut sepenuhnya dihapus dalam beberapa bulan mendatang.