Indosat dan Google Cloud Lanjutkan Kerja Sama Kembangkan Inovasi Solusi Digital

Selular.ID – Indosat Ooredoo Hutchison melalui Indosat Business, dan Google Cloud, lanjutkan kerjasama yang sudah berlangsung sejak November 2021, kembangkan Inovasi Solusi Digital.

Bayu Hanantasena, Chief Business Officer Indosat Ooredoo mengatakan untuk mendukung transformasi digital Indonesia, Indosat Business melakukan pengembangan inovasi teknologi digital berbasis IoT (Internet of Things), Advanced Data Analytics, serta Cloud and Collaboration Tools.

Hal ini dilakukan untuk mendukung transformasi digital bagi korporasi, UMKM, pendidikan, dan pemerintahan.

“Kolaborasi dengan Google ini juga sejalan dengan misi IOH dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” terang Bayu, di Jakarta, (30/6/22).

Baca Juga:Indosat Ooredoo Hutchison Gelar RUPST, Ini Sejumlah Agendanya

Kemitraan Indosat Business dengan Google Cloud akan mencakup beberapa area solusi digital, di antaranya:
One Stop Digital Business Ecosystem.

Yakni platform digital untuk menghubungkan dan memberdayakan para pelaku bisnis, termasuk UMKM di Indonesia.

Platform ini memungkinkan pelanggan mendapatkan kemudahan untuk menjalankan bisnis dengan aplikasi digital, menjangkau calon pelanggan secara luas serta kemudahan transaksi.

Lalu, Advanced Data Analytics: Solusi big data analytics yang memberikan kemudahan pengambilan keputusan berbasis data untuk operasional bisnis, serta memudahkan akuisisi pelanggan melalui smart digital advertising.

Kemudian IoT and AI (Artificial Intelligence): Solusi IoT dengan kemampuan intelligence untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam operasional perusahaan di bidang manufaktur, retail, logistik. dan lain-lain.

Dan yang terakhir menurut Bayu,
Cloud and Collaboration Tools: Gabungan kemampuan IOH dan Google Cloud untuk menyediakan solusi hybrid cloud didukung konektivitas yang andal dan aman dengan Google Cloud direct connect sebagai solusi menyeluruh untuk teknologi informasi dan komunikasi.

Baca Juga:Konser Musik Keliling, Buktikan Kekuatan Jaringan IOH

Kerja sama Indosat Business dan Google Cloud juga telah digunakan oleh beberapa universitas ternama termasuk UIN Walisongo yang menggunakan solusi GCP (Google Cloud Platform) dalam membantu sistem pendidikan.