Google Cloud Bangun Ekosistem Lokal Berbasis Cloud di Surabaya

Selular.ID – Pekan ini di Surabaya, Google Cloud mengumumkan kolaborasi dengan Pakuwon Jati, EIKON Technology, Wings Surya, Datalabs, dan Metrodata, untuk mendorong fase baru pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Surabaya.

Bersama sejumlah partner teknologi dan perusahaan besar yang merupakan pelopor kota dan panutan dalam inovasi berbasis cloud dan data, Google Cloud membangun ekosistem untuk mendukung organisasi besar maupun kecil di Jawa Timur dalam proses transformasi digital mereka.

Infrastruktur digital untuk pembangun infrastruktur fisik

Surabaya bukan hanya kota terbesar kedua di Indonesia, melainkan juga salah satu kota terhijau sekaligus pusat dagang dan bisnis yang ramai.

Developer real estate Pakuwon Jati berkolaborasi dengan Google Cloud dan partner pelaksananya, EIKON Technology untuk menyiapkan pertumbuhan masa depan dan meningkatkan upaya mereka dalam memelihara lingkungan.

Pakuwon Jati pun memutuskan untuk menggunakan Google Workspace agar seluruh staf mereka dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan lancar bersama pelanggan, vendor, maupun rekan kerja, demi meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Cloudera Data Platform Kini Tersedia di Google Cloud

Pakuwon Jati berencana memanfaatkan infrastruktur dan layanan Google Cloud yang didesain sejak awal agar aman, mudah disesuaikan skalanya, dan telah mencapai status 0 jejak karbon untuk memodernkan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) mereka yang sangat vital bagi perusahaan.

Dengan infrastruktur lokal Google Cloud, Pakuwon Jati ingin mengoptimalkan biaya IT, mengurangi jejak karbon dari proses-proses IT, dan menerapkan standar keamanan tertinggi.

Melalui integrasi sistem ERP modern mereka dan Google Workspace, pegawai Pakuwon Jati nantinya dapat mengakses Google Dokumen dan Spreadsheet, serta bersama-sama mengedit dokumen dengan proses yang andal.

Baca Juga: Lanjutkan Transformasi Digital, XL Axiata Rangkul Google Cloud

Manufakturing cerdas untuk hadirkan produk berkualitas tertinggi

Sektor manufakturing adalah penggerak pertumbuhan utama bagi perekonomian Jawa Timur, dengan banyaknya area industri yang berlokasi di dalam atau sekitar Surabaya.

Wings Surya telah menggunakan Google Workspace sejak tahun 2020.

Kini, Wings Surya memperluas kolaborasinya dengan Google Cloud dan partner pelaksananya, Datalabs, untuk menjadi pemimpin di Industri 4.0.

Baca Juga: WhatsApp Akan Kehilangan Cadangan Data Cloud di Google Drive

Kolaborasi dan program baru ini juga melanjutkan kemitraan Google Cloud dengan Indosat Ooredoo Hutchison yang sudah lebih dahulu terjalin untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia melakukan transformasi digital, termasuk di Surabaya.

Dengan tujuan untuk sepenuhnya mendigitalkan UKM di sepanjang siklus bisnis mereka, Indosat Ooredoo Hutchison dan Google Cloud telah membuat marketplace dengan penawaran software-as-a-service yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Inisiatif ini siap membantu UKM membangun kehadiran online dengan Google Profil Bisnis, meningkatkan produktivitas dengan Google Workspace, mengotomatiskan operasi dengan AI dan ML, memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dengan analisis data di cloud, dan banyak lagi.

Baca Juga: Twitter Akan Boyong Analisis Data Ke Google Cloud

“Pakuwon Jati dan Wings Surya adalah contoh yang menunjukkan secara jelas bagaimana cloud dan inovasi berbasis data dapat memberikan dampak bisnis dan ekonomi yang nyata,” kata Megawaty Khie, Country Director, Google Cloud Indonesia.

Dengan berinvestasi dalam infrastruktur lokal dan membangun kemitraan yang kuat dengan Indosat Ooredoo Hutchison, EIKON Technology, Datalabs, dan Metrodata, Megawaty menekankan Google Cloud siap membantu perusahaan, baik besar maupun kecil, di seluruh industri utama Surabaya.

“Kami percaya bahwa cloud akan memunculkan banyak peluang digital dan menjadi pendorong fase baru pertumbuhan dan perkembangan Jawa Timur,” pungkas Megawaty.