Selasa, 28 Mei 2024
Selular.ID -

Amerika Desak Mendag Ikuti Kebijakan Eropa Pakai Charger Seragam

BACA JUGA

Selular.ID – Pekan lalu, Parlemen Eropa mewajibkan semua perangkat elektronik konsumen ukuran kecil dan menengah untuk dilengkapi dengan port pengisian (charger) seragam, pakai USB-C.

Sekarang surat terbuka dari dua Senator AS kepada Menteri Perdagangan mendesak kebijakan serupa di AS.

Surat itu, yang disusun oleh Senator Edward J. Markey dan Elizabeth Warren mengungkapkan kebutuhan untuk mengadopsi port pengisian standar, mengutip kerusakan lingkungan karena limbah elektronik, gangguan ekonomi bagi konsumen, dan keusangan yang direncanakan dari elektronik konsumen.

Uni Eropa (UE) baru saja meloloskan undang-undang penting yang mewajibkan produsen elektronik untuk mengadopsi pengisi daya standar untuk perangkat seluler di seluruh Eropa. 1 Kami memuji Departemen Perdagangan atas langkah-langkah yang telah diambil untuk mengatasi masalah ini, 2 dan kami mendesak Anda untuk ikuti jejak UE dengan mengembangkan strategi komprehensif untuk mengatasi biaya konsumen yang tidak perlu, mengurangi limbah elektronik, dan memulihkan kewarasan dan kepastian proses pembelian barang elektronik baru.

Surat tersebut menjelaskan pengisi daya khusus dapat menjadi ‘beban’ dan inovasi harus menguntungkan konsumen dan “tidak boleh merugikan mereka, membebani mereka dengan aksesori yang tidak kompatibel, dan memaksa mereka untuk membeli pengisi daya yang berbeda untuk setiap perangkat yang mereka miliki.”

Baca Juga: Tak Hanya iPhone, Eropa Wajibkan Seluruh Perangkat Elektronik Pakai Port USB Type-C

Undang-undang UE mulai berlaku pada musim gugur 2024 dan akan mewajibkan semua elektronik kecil dan menengah untuk menggunakan port pengisian daya USB-C.

Ini termasuk semua smartphone, tablet, speaker portabel, e-reader, konsol game portabel, kamera, dan headphone.

Laptop juga akan berada di bawah undang-undang baru ini, tetapi tidak akan berlaku sampai 40 bulan setelah undang-undang tersebut berlaku untuk elektronik kecil.

Surat itu menyimpulkan, “kami mendesak Anda untuk berkoordinasi dengan kantor dan lembaga di seluruh Departemen Perdagangan untuk mengembangkan rencana komprehensif yang akan melindungi konsumen dan lingkungan dengan mengatasi kurangnya standar pengisian AS yang umum.”

Baca Juga: Eropa Wajibkan Lubang Charger Ponsel Seragam, Lalu Apple?

Apple jelas merupakan perusahaan yang paling terpengaruh oleh perubahan kebijakan ini.

Perusahaan dilaporkan telah menguji port pengisian USB-C untuk iPhone masa depan, meskipun tidak jelas apakah itu akan tiba dengan iPhone 2023 atau iPhone 2024.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU