Wi-Fi 7 Kecepatan Jaringan 33Gbps Segera Datang ke Router Mulai 2023

Wifi Router

Selular.ID – Wi-Fi 7 siap menghadirkan kecepatan jaringan nirkabel 33Gbps. Teknologi jaringan tersebut yang mendukung perangkat router, yang hadir pada 2023.

Jika Wi-fi 7 membawa kecepatan tersebut ke perangkat router secara stabil, maka Wi-Fi 7, membawa kecepatan setidaknya tiga kali lebih cepat dari generasi saat ini WI-FI 6.

Teknologi Wi-Fi selalu tertinggal di belakang opsi bawaan dalam hal kecepatan dan kinerja, tetapi perkembangan terbaru membantu menutup kesenjangan.

Wi-Fi 6 dan 6E generasi saat ini unggul membawa kecepatan sekitar 10Gbps. Namun, dengan Wi-Fi 7 yang akan datang, kecepatan hingga 33Gbps sudah pasti hadir.

Baca Juga: Cara Mudah Mengetahui Password WiFi yang Pernah Terhubung di Ponsel

Laporan Android Authority Sementara draf akhir dari protokol baru, bahwa tidak akan tersedia secara resmi hingga 2024.

Karena itu tidak menghentikan Qualcomm untuk terus maju dengan router yang akan mendukung versi baru.

Perusahaan telah memberi pelanggan perangkat keras akses awal ke chipset, dengan perangkat komersial diharapkan mulai muncul pada tahun 2023, meskipun Wi-Fi 6 baru berusia beberapa tahun.

“Qualcomm Technologies telah memungkinkan era Wi-Fi 10 Gbps dengan pengiriman pelanggan pertama kami dari keluarga Seri Pro Jaringan Wi-Fi 7,” kata Nick Kucharewski, wakil presiden senior dan manajer umum Qualcomm, Infrastruktur dan Jaringan Nirkabel. “Menggabungkan dukungan untuk inovasi Wi-Fi 7 terbaru dengan arsitektur platform produk kami yang unik, platform ini memungkinkan solusi mulai dari mesh seluruh rumah hingga jaringan konektivitas yang kuat untuk tempat umum yang besar.”

Baca Juga: Stasiun Bogor Cetak Rekor Muri Karena Wi-Fi Tercepat di Dunia

Manfaat tambahan dari protokol baru ini adalah dua kali lebar saluran, yang berarti perangkat akan dapat mendukung lebih banyak pengguna daripada Wi-Fi 6.

Qualcomm mengatakan hingga 500 pengguna akan dapat mengakses satu saluran Wi-Fi 7.

Wi-Fi 7 juga harus mengurangi latensi, menjadikannya pilihan ideal untuk bermain game dan konferensi video, serta aplikasi augmented dan virtual reality.