Memilih Personal Audio yang Sesuai Kebutuhan dan Kenyamanan Telinga

TWS Vivan Life 200NC Dukung Teknologi yang Mampu Redam Kebisingan
TWS Vivan Life 200NC Dukung Teknologi yang Mampu Redam Kebisingan

Selular.ID – Mulai dari virtual meeting, mendengarkan audiobook, bermain game hingga mendengarkan lagu sambil beraktivitas, menjadikan perangkat personal audio, seperti varian Headphones, Earphones dan TWS menjadi aksesoris yang wajib dibawa-bawa dalam beraktivitas.

Dalam memilih perangkat yang yang tepat, selain kualitas suara yang jernih, kenyamanan saat pemakaian juga patut untuk diperhatikan.

Hal ini harus disesuaikan dengan telinga penggunanya, yang memiliki bermacam bentuk. Oleh karena itu, penting untuk memilih perangkat personal yang sesuai dengan bentuk telinga demi kenyamanan saat pemakaian dalam waktu yang lama.

Terbagi menjadi 4 kategori sederhana, berikut personal audio yang pas dengan bentuk telinga dan aktivitas sehari-hari:

Baca Juga:Dua TWS Brand Ini Pilihan Pengguna Smartphone

1. Dot – Closed
TWS dengan cangkang bentuk dot dan ear tip yang berbahan silikon ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus pendek dan concha (bagian dalam telinga) yang dalam.

Ketika digunakan, silikon ear tip-nya akan menyegel penuh lubang telinga yang membantu meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass yang kuat. Karena tingkat bass dan peredamannya yang kuat, model ini cocok untuk Anda yang suka beraktivitas sambil mendengarkan musik dengan suara yang tajam.

2. Stick – Closed
Model ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus bentuk V solid dan concha dangkal. Mirip dengan Dot, model ini juga memiliki ear tip berbahan silikon, namun memiliki cangkang dengan tambahan gagang pendek untuk mencegah TWS mudah lepas ketika dipakai beraktivitas.

Tips Memilih Personal Audio yang Sesuai Kebutuhan dan Kenyamanan Telinga
Tips Memilih Personal Audio yang Sesuai Kebutuhan dan Kenyamanan Telinga

Ketika dipakai silikon ear tip akan menyegel penuh lubang telinga yang membantu meredam suara dari luar dan memaksimalkan suara bass yang kuat.

3. Stick – Open
Model ini sedikit berbeda dari 2 model sebelumnya, ear tip-nya yang tidak menyegel penuh lubang telinga membuat pemakainya masih dapat mendengar suara sekitar dengan lebih baik. Model ini sangat cocok untuk telinga dengan tragus berbentuk V solid & concha dangkal, cangkangnya memiliki gagang yang pendek untuk mencegah earbuds mudah lepas ketika dipakai beraktivitas.

4. Headphone On-Ear dan Over-Ear
Selain itu ada juga model headphone On-Ear dan Over-Ear. Jenis desain ini sangat cocok untuk pecinta musik yang suka mendengarkan dalam waktu yang lama tanpa kelelahan.

Headphone model On-Ear dan Over-Ear tidak memerlukan penyesuaian bentuk telinga sehingga lebih mudah untuk memilih jenis headphone yang nyaman sesuai dengan kebutuhan aktivitas Anda.