Tiga Aplikasi Ini Mengandung Virus Sebabkan Pulsa dan Uang Terkuras

Tiga Aplikasi Ini Mengandung Virus Sebabkan Pulsa dan Uang Terkuras
Tiga Aplikasi Ini Mengandung Virus Sebabkan Pulsa dan Uang Terkuras

Selular.ID РGoogle telah berusaha untuk memberantas virus Joker, namun virus ini terus mencari celah dan menyelip ke Play Store tanpa terdeteksi. Peneliti keamanan siber Kaspersky, Igor Golovin, menyatakan telah menemukan tiga aplikasi  disusupi virus.

Yang bisa menguras pulsa pengguna Android, virus ini juga menyebarkan penipuan SMS dan menguras uang korban, dengan membuat perangkat berlangganan layanan berbayar yang dilakukan secara diam-diam.

Ketiga aplikasi tersebut mengandung malware Joker, antara lain Style Message, Blood Pressure App, dan Camera PDF Scanner.

Baca Juga:Unduh Aplikasi Ini 500.000 Lebih Pengguna Android Terinfeksi Malware Joker

Virus Joker merupakan aplikasi berbahaya yang mencuri data seperti pesan teks, daftar kontak dan informasi perangkat.

Mereka biasanya tersebar di Google Play, di mana scammers mengunduh aplikasi yang sah dari toko, menambahkan kode berbahaya dan mengunggahnya kembali ke toko aplikasi dengan nama berbeda.

Aplikasi yang membawa malware Joker biasanya berupa aplikasi messaging, kesehatan, dan pemindai PDF.

Setelah diinstal, aplikasi tersebut akan meminta izin untuk mengakses SMS dan notifikasi, dan kemudian memanfaatkannya untuk mendaftarkan korban ke layanan premium.

Trik licik yang digunakan virus Joker untuk melewati proses pemeriksaan Google Play adalah dengan membuat muatan berbahayanya “tidak aktif” dan hanya mengaktifkan fungsinya setelah aplikasi ditayangkan di Play Store.

Kaspersky berhasil mendeteksi tiga aplikasi yang disusupi malware Joker hingga Februari 2022. Meski sudah dihapus oleh Google, tiga aplikasi ini masih tersedia lewat toko aplikasi pihak ketiga.