Oppo A16e, Smartphone Rp1 Jutaan Lancar Penuhi Komunikasi Sehari-hari

Oppo A16e, Smartphone Rp1 Jutaan Lancar Penuhi Komunikasi Sehari-hari
Oppo A16e, Smartphone Rp1 Jutaan Lancar Penuhi Komunikasi Sehari-hari

Selular.ID – Tidak semua orang membutuhkan smartphone berkemampuan tinggi, karena ada pengguna yang memerlukan smartphone sekadar sebagai alat komunikasi sehari-hari. Dengan dukungan kamera cukup baik, spesifkasi yang mampu diandalkan di outdoor. Oppo A16e smartphone harga Rp1 jutaan, lancar penuhi komunikasi sehari-hari.

Sebagai smartphone entry level, fokus utama yang ditawarkan oleh Oppo A16e adalah menghadirkan pengalaman penggunaan yang lancar untuk komunikasi sehari-hari.

Dengan mengusung slogan “performa hebat, kualitas mantap”, Oppo A16e hadir sebagai alternatif pilihan kepada konsumen untuk dapat menikmati berbagai teknologi terbaru, tentunya dengan harga yang telah disesuaikan dengan target pasarnya.

Dibandrol dengan harga di bawah Rp2 jutaan, atau Rp1.799.000, Oppo A16e layak menjadi alternatif pilihan di segmen kelas entry level.

Baca Juga:Asiknya Membaca Alquran Selama Ramadan Dengan Oppo A16e

Seperti tertanamnya prosesor MediaTek Helio P22 dengan dikombinasikan dengan System Booster.

Seperti apa review kinerja Oppo A16e, bagaimana hasil kameranya, dan seberapa lama baterai bisa mendukung aktivas, kali ini Selular coba mengulasnya.

Review Oppo A16e: Smartphone Rp1 Jutaan lancar Penuhi Komunikasi Sehari-hari
Review Oppo A16e: Smartphone Rp1 Jutaan lancar Penuhi Komunikasi Sehari-hari

Unboxing Oppo A16e
Dari segi kemasan Oppo A16e mengusung desain yang sama dengan seri A lainnya yang didominasi warna hijau tosca. Dan membuka kotak penjualan terdapat unit Oppo A16e , kepala charger, Kabel USB Type A Case, Screen Protector (terpasang ke layar smartphone), SIM tray ejector, dan paket dokumen.

Desain
ketika menggenggam perangkat ini, seperti umumnya seri A, Oppo A16e sangat nyaman digunakan dengan satu tangan dalam waktu yang lama. lantaran Oppo A16e lebih ringan dari pendahulu, yakni dengan bobot hanya 175 gram dan ketebalan 7,85 mm.

Selular mendapatkan unit A16e dalam pilihan warna hitam dove, sehingga nyaman digunakan beraktivitas sehari-hari bagi penggunanya yang aktif, dengan casing berbahan dove membuat perangkat ini tak licin saat di genggam.

Review Oppo A16e: Smartphone Rp1 Jutaan lancar Penuhi Komunikasi Sehari-hari
Review Oppo A16e: Smartphone Rp1 Jutaan lancar Penuhi Komunikasi Sehari-hari

Di sisi kanan ponsel, terdapat dua buah tombol untuk daya dan volume. Sementara, sisi kiri dihuni oleh tombol volume dan laci SIM Card yang dapat memuat dua buah kartu nano SIM, berikut kartu memori microSD yang dapat memperluas kapasitas penyimpanan hingga 1TB.

Selain itu, berbagai macam jenis port bisa ditemukan dibagian bawah perangkat, termasuk girl speaker, konektor Micro USB, microphone, dan port jack audio 3.55 mm.

Layar
Beralih pada sektor layar, Oppo A16e memiliki ukuran 6,52 inci dengan resolusi HD Plus (1.600 x 720 piksel). Pada bagian atas layar, ponsel ini memiliki desain poni waterdrop sebagai penempatan kamera selfie dengan resolusi 5M.

Resolusinya memang masih HD+ (1600 x 720 piksel), dengan kepadatan piksel 269 ppi. Namun, resolusi HD+ justru merupakan sebuah keuntungan. Alasannya karena resolusi yang rendah membuat beban kerja chipset jadi ringan, sehingga konsumsi daya lebih irit.

Visibilitas layar Oppo A16e pun masih oke, mengingat tingkat kecerahannya mencapai 480 nit. Artinya, pemakaian di luar ruangan masih memungkinkan. layar Oppo A16e mendukung refresh rate 60 Hz dan touch sampling rate 60 Hz.

A16e tak lupa menyematkan fitur Eye-care pada guna menjaga kesehatan mata pengguna. Fitur ini dapat mengurangi emisi cahaya biru dengan cara mengubah temperatur warna layar.

Kamera
Sejauh ini sih untuk urusan kamera Oppo memang bisa diandalkan. Begitu juga untuk kamera di kelas entry level. Oppo A16e dibekali dua kamera, satu pada bagian belakang 13 MP, dan satu lagi kamera depan 5 MP. Mode kamera yang tersedia mencakup photo, video, night, time-lapse, expert, dan pano.

Mode photo didukung oleh fitur-fitur seperti AI retouching yang dapat mempercantik wajah secara natural, HDR backlit untuk foto di konsisi cahaya kuat atau redup, LED flash, akses zoom 2x hingga 5x, dan Google Lens.

Selanjutnya Oppo A16e punya 3 filter malam terbaru, untuk bantu pengguna menangkap pemandangan kota di malam hari dengan gaya berbeda. Kamera depan dan belakang ponsel ini dilengkapi dengan fitur AI beautification untuk foto potret yang lebih alami dan jernih.

Dengan catatan didukung kondisi cahaya yang baik, hasil fotonya cukup detail. Tersedia juga mode expert yang menawarkan berbagai kontrol manual yang bisa disesuaikan dengan keinginan.

Oppo A16e tidak didukung dengan lensa ultra-wide. Oleh sebab itu, pengguna tidak bisa mengambil foto dengan sudut pengambilan lebar.

Berikut hasil foto menggunakan Oppo A16e