Melongok Kembali Pesaing Android: Windows 10 Mobile

Selular.ID – Android memiliki banyak pesaing selama dekade terakhir dan lebih banyak lagi saat kemunculan awal, tetapi hanya iOS yang menghadirkan alternatif utama untuk platform Google (dan rilis duluan).

Salah satu saingan paling menonjol di tahun 2010-an adalah platform Microsoft Windows Phone, yang akhirnya berkembang menjadi Windows 10 Mobile.

Ya, platform Microsoft akhirnya jatuh dan ditinggalkan pada tahun 2019. Tetapi itu tidak berarti bahwa OS yang gagal tidak meninggalkan kesan di industri.

Jadi apa yang perlu diketahui tentang itu? Seperti apa saat itu? Apakah OS melakukannya lebih baik atau lebih buruk daripada Android hari ini?

Mari kita tengok kembali Windows Phone atau Windows 10 Mobile dalam rubrik Historia.

Upaya Microsoft sebelumnya

Microsoft tidak asing dengan PDA dan smartphone ketika meluncurkan Windows Phone 7 pada tahun 2010.

Perusahaan ini sebelumnya memproduksi platform Pocket PC pada awal 2000-an dan berbagai iterasi Windows Mobile pada pertengahan hingga akhir 2000-an.

Namun, Windows Mobile tidak dirancang dengan input sentuhan, karena perusahaan mengambil acuan dari sistem operasi desktop dan ponsel yang membawa keyboard sebagai gantinya.

Reboot diperlukan, dan Windows Phone 7 adalah hasilnya.

Baca Juga: Desember, Microsoft Matikan Windows Phone 8.1

Windows Phone 7 2010 adalah awal baru bagi Microsoft, menawarkan lingkungan yang berfokus pada sentuhan dengan UI berbasis ubin/persegi, berangkat dari ide sebelumnya yang mengandalkan input fisik.

Antarmuka baru ini juga mengintegrasikan UI persegi langsung yang terus diperbarui (berfungsi sebagai alternatif untuk widget) dan layar multitasking berbasis kartu, serta antarmuka berputar alih-alih tombol menu hamburger.

Windows Phone 7 dan 8 memperkenalkan pengguna Microsoft ke antarmuka sentuh, tampilan FHD, dan fitur bayangan pemberitahuan yang sekarang kita anggap remeh
Microsoft menindaklanjuti dengan Windows Phone 8 pada akhir 2012, yang memperkenalkan banyak fitur dasar yang hilang untuk pertama kalinya.

Fitur baru yang didukung di Windows Phone 8 termasuk chipset dual-core, berbagi file Bluetooth, kartu microSD, layar HD (dengan dukungan FHD datang setahun kemudian), mode mengemudi, dan pelacak data.

Halaman berikutnya

Windows Phone 8 tidak kompatibel dengan perangkat Windows Phone 7..