MediaTek Dimensity 9000 Varian Plus, Bakal Saingi Snapdragon 8 Gen 1 Plus

MediaTek Dimensity 9000 Varian Plus, Bakal Saingi Snapdragon 8 Gen 1 Plus
MediaTek Dimensity 9000 Varian Plus, Bakal Saingi Snapdragon 8 Gen 1 Plus

Selular.ID – MediaTek dilaporkan sedang mengerjakan Dimensity 9000 varian plus, yang disebut-sebut bakal menjadi pesaing Snapdragon 8 Gen 1 Plus.

Varian plus yang dimaksud adalah membawa arsitektur sama tapi dengan kecepatan atau clock speed lebih tinggi. Hal ini diduga untuk mengganggu Qualcomm yang dikabarkan segera merilis varian Snapdragon 8 Gen 1 Plus.

Bukan hal yang aneh bagi Qualcomm untuk meluncurkan pembaruan pertengahan siklus dari SoC seluler andalannya. Snapdragon 8 Gen 1 Plus tahun ini berpotensi mengungguli varian non-Plus secara signifikan berkat penggunaan fab TSMC.

Bocoran yang beredar menyebutkan bahwa CPU Cortex-X2 yang beroperasi di MediaTek Dimensity 9000 pada kecepatan 3.05GHz akan meningkat menjadi 3.20GHz pada varian plus. Seperti dilaporkan BGR.

Baca Juga: Begini Spesifikasi Lengkap dari Mediatek Dimensity 1300 5G

Versi lebih kencang dari MediaTek Dimensity 9000 dikabarkan tetap mengandalkan fabrikasi 4nm dari TSMC. Jadi arsitektur di dalamnya sama sekali tidak berbeda.

Rumor yang beredar menyebutkan bahwa Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 Plus juga akan beralih dari Samsung ke TSMC.

MediaTek Dimensity 9000 sendiri tidak hanya memiliki performa tinggi tapi konsumsi daya efisien yang membuat suhu dari sistem thermal lebih terkendali. Hal ini membantu vendor yang berfokus ke sistem pendingin mumpuni.

MediaTek Dimensity 9000 perkenalkan pada bulan Desember setelah Qualcomm mengumumkan Snapdragon 8 Gen 1. Kemungkinan versi yang lebih kencang juga akan diluncurkan dengan momen yang berdekatan dari Qualcomm yaitu diprediksi bulan Juni.

Di atas kertas, Dimensity 9000 Plus, dan Snapdragon 8 Gen 1 Plus yang di-overclock memiliki perangkat keras yang sama.

Baca Juga: Berkat 5G MediaTek Raih pendapatan Rp22,6 Triliun di Awal 2022!

Performa nyata mereka akan bermuara pada pengoptimalan pada perangkat, solusi pendinginan, dan sejumlah faktor. Ini adalah mediaTek terdekat untuk merebut mahkota dari Qualcomm, meskipun keduanya harus mengejar banyak hal sebelum mereka dapat melengserkan Apple.