Keamanan Aplikasi Pesan Apple Ditingkatkan, Bisa Sensor Otomatis Foto Dewasa

Keamanan Aplikasi Pesan Apple Ditingkatkan, Bisa Sensor Otomatis Foto Dewasa
Keamanan Aplikasi Pesan Apple Ditingkatkan, Bisa Sensor Otomatis Foto Dewasa

Selular.ID – Kemanan aplikasi pesan Apple kian ditngkatkan, Apple merancang sensor secara otomatis mengaburkan gambar yang berisi foto dewasa yang dikirim ke anak-anak menggunakan layanan perpesanan perusahaan.

Setelah diluncurkan di AS tahun lalu, kini diluncurkan ke negara lain. Fitur tersebut kini hadir di aplikasi Pesan di iOS, iPadOS, dan macOS untuk pengguna di Inggris, Kanada, Selandia Baru, dan Australia.

fitur sensor konten dewasa Apple ini bisa ditemukan di opsi pengaturan Screen Time untuk akun Apple ID anak-anak.

Setiap foto dewasa yang masuk atau keluar secara otomatis bakal disensor. Pengguna anak-anak ini juga dikirimkan notifikasi peringatan berisi panduan untuk mencari bantuan, mengarahkan mereka ke situs keamanan online, hingga meyakinkan mereka apabila masih tetap mau melihat dan melanjutkan percakapan.

Baca Juga: Turun Harga Hingga Rp3 Juta, Apple Hapus iPhone 11 Dari Toko Resmi

Mirip dengan rilis awalnya di AS, anak-anak akan memiliki opsi untuk mengirim pesan kepada orang dewasa yang mereka percayai tentang foto yang ditandai.

Ketika Apple awalnya mengumumkan fitur tersebut Agustus lalu, itu menyarankan bahwa pemberitahuan ini akan terjadi secara otomatis. Kritikus dengan cepat menunjukkan bahwa pendekatan asli mempertaruhkan anak- anak aneh kepada orang tua mereka dan sebaliknya dapat disalahgunakan.

Apple juga memperluas peluncuran fitur baru untuk pencarian Spotlight, Siri, dan Safari yang akan mengarahkan pengguna ke sumber keamanan jika mereka mencari topik yang berkaitan dengan pelecehan seksual anak.

Bersamaan dengan dua fitur keselamatan anak ini, Apple awalnya mengumumkan inisiatif ketiga Agustus lalu yang melibatkan pemindaian foto untuk materi pelecehan seksual anak (CSAM) sebelum diunggah ke akun iCloud pengguna.

Baca Juga: Apple Segera Rilis iPhone 14 Usai Stop Produksi Seri Lama

Namun, fitur ini mendapat reaksi keras dari pendukung privasi, yang berpendapat itu berisiko memperkenalkan pintu belakang yang akan merusak keamanan pengguna Apple .

Perusahaan kemudian mengumumkan akan menunda peluncuran ketiga fitur sementara untuk mengatasi masalah. Setelah merilis dua fitur pertama, Apple belum memberikan pembaruan tentang kapan fitur deteksi CSAMakan tersedia.