Gandeng Kimia Farma dan Bio Farma, Leap Hadirkan Antares

Gandeng Kimia Farma dan Bio Farma, Leap Hadirkan Antares

Selular.ID –  Telkom melalui Leap-Telkom Digital (Leap) menghadirkan Antares sebagai layanan penyedia resource platform pengembangan teknologi Internet of Things (IoT).

Antares merupakan umbrella brand yang terdiri dari tiga pilar, yaitu Antares Platform, Antares Connectivity, dan Antares Solutions.

Antares hadir sebagai Internet of Things (IoT) enabler, yaitu end to end solution untuk mengatasi berbagai permasalahan bisnis dari sisi IoT.

Antares adalah bagian dari Leap yang merupakan umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Leap Debut di Medan, Kenalkan 4 Layanan Digital Telkom

Leap melalui Antares secara aktif mendukung digitalisasi di ekosistem kesehatan salah satunya melalui kerja sama dengan dua BUMN di sektor kesehatan, yaitu Kimia Farma dan Bio Farma.

Kerja sama Antares dengan Kimia Farma hadir dalam bentuk smart manufacturing, di mana Antares mengembangkan sistem power monitoring, environment monitoring, dan real-time machine monitoring.

Melalui pengadopsian sistem IoT ini, dapat meningkatkan efisiensi produksi dan menghemat biaya produksi.

Antares juga bekerja sama dengan Bio Farma dalam pendistribusian vaksin, terutama distribusi hingga ke daerah terpencil.

Melalui kerja sama ini dapat menjamin terpenuhinya stok vaksin dengan tujuan untuk menekan kasus, yang pada akhirnya dapat berkontribusi dalam penurunan angka kasus covid di Indonesia.

Baca Juga: Kebut Digitalisasi, Telkom Buka Lowongan Kerja untuk 250 Posisi

Sebagai salah satu layanan unggulan Leap, kualitas Antares telah diakui secara nasional maupun internasional dan telah memenuhi regulasi yang ditetapkan Kementerian Komunikasi Informatika (Kominfo) terkait penyimpanan data di Indonesia serta telah tersertifikasi secara internasional oleh lembaga OneM2M.

Standar OneM2M menjadikan Antares sebagai platform horizontal IoT yang dapat mengintegrasikan berbagai komponen IoT, memungkinkan aplikasi IoT dapat berinteraksi dengan data dari perangkat IoT di seluruh solusi vertikal industri yang berbeda, tanpa mengesampingkan keamanan pengguna atau pelanggan yang menggunakanya.

Meski standarnya sudah internasional dan independen terhadap network dan konektivitas, layanan ini menyediakan pilihan layanan gratis untuk para developer.

Baca Juga: Telkom Dukung PERPAMSI Wujudkan Digitalisasi PDAM di Seluruh Indonesia

Pelanggan Antares memiliki kuasa penuh terhadap data-data pengukuran dari device, sehingga pengguna dapat melakukan skema kontrol, subscribe, dan notifikasi terhadap data-data device.

Pelanggan juga dapat melakukan visualisasi data secara sederhana dengan fitur widget.

Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid, mengatakan bahwa Telkom melalui Leap melihat IoT menjadi salah satu ekosistem yang sangat potensial dan pasar IoT di Indonesia masih akan semakin berkembang.

”Oleh karena itu, kami mengembangkan Antares dengan harapan di masa datang akan menjadi platform yang dapat memberikan jawaban dan solusi untuk kebutuhan IoT,” tutur Fajrin.

“Langkah ini kami mulai dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, dua di antaranya adalah dengan Kimia Farma dan Bio Farma,” tutup Fajrin.