Dua Tahun Dinanti Epic Games Akhirnya Rilis Unreal Engine 5

Dua Tahun Dinanti Epic Games Akhirnya Rilis Unreal Engine 5
Dua Tahun Dinanti Epic Games Akhirnya Rilis Unreal Engine 5

Selular.ID – Epic Games akhirnya benar-benar merilis engine game terbarunya, yaitu Unreal Engine 5 (UE5). Peluncuran ini disampaikan dalam acara State of Unreal yang digelar baru-baru ini .

Tentunya ini kabar gembira bagi yang sudah menanti, setelah dua tahun sejak pertama diumumkan.

Unreal Engine 5 sudah bisa diunduh buat para pengembang game yang mendambakan kecanggihan teknologi game dan visual kelas atas.

Dilaporkan BGR, mesin yang diperbarui ini menampilkan sejumlah peningkatan untuk para pengembang, termasuk peningkatan kinerja dan user interface yang ditingkatkan.

Namun perubahan yang paling signifikan pada platform Unreal Engine 5 adalah beberapa teknologi yang dirancang untuk visual yang lebih fotorealistik.

Baca Juga: Epic Games akan Sumbangkan Dua Minggu Penghasilan ‘Fortnite’ untuk Ukraina

Epic Games menyebut kalau dengan UE5, para pengembang game akan dapat mewujudkan konten 3D real-time, generasi baru dan merasakan pengalaman kebebasan, ketepatan, dan fleksibilitas yang lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Seperti yang sudah banyak beredar sebelumnya, fitur dan workflow yang baru telah production-proven atau sudah teruji dalam produksi untuk pengembangan game di Fortnite dan demo The Matrix Awakens: An Unreal Engine 5 Experience.

Beberapa hal yang dihighlight UE5 adalah Lumen, yang dideskripsikan sebagai solusi pencahayaan dinamis untuk pencahayaan yang nyata.

Lumen adalah alat iluminasi atau penerangan dinamis, di mana cahaya beradaptasi dengan dunia secara alami dan mudah.

Sementara Nanite, memungkinkan pengembang mengimpor aset visual berkualitas film ke dalam gim, sembari mempertahankan frame rate secara real-time dan tanpa penurunan yang konsisten.

Meski baru resmi dirilis secara luas, namun beberapa pengembang game sudah terlebih dulu menggunakan Unreal Engine 5. Desember lalu, Fortnite telah menyatakan berpindah ke UE5.

Pengembang yang sudah mengkonfirmasi penggunaan Unreal Engine 5 adalah CD Projekt Red, yang akan menggarap The Witcher generasi selanjutnya menggunakan engine ini.

Baca Juga: Alasan Rovio Kembali Hadirkan Angry Birds Original di iOS dan Android

Selain itu, Epic juga merilis The Matrix Awakens, demonstrasi teknologi yang menggabungkan kemiripan Keanu Reeves dan Carrie-Anne Moss, dengan dunia terbuka besar yang dihuni oleh karakter Metahuman dari pengembang.

Sebagai bagian dari peluncuruan UE5, Epic juga membuat sampel kota The Matrix Awakens, yang tersedia untuk dikembangkan oleh para developer game.