5 Tips Menghemat Kuota Internet Saat Perjalanan Mudik Lebaran 2022

4. Hindari akses platform streaming video secara berlebihan

Platform streaming video seperti YouTube juga bisa menghabiskan cukup banyak kuota.

Selular kutip dari Makeuseof, streaming video beresolusi HD dalam satu jam bisa menghabiskan kuota internet hingga 2 GB.

Bila ingin menghemat kuota internet, hindari akses platform streaming video secara berlebihan.

Anda juga perlu memperhatikan beberapa aplikasi lain yang sekiranya telah mengonsumsi kuota paket data internet dalam jumlah yang besar.

Pemeriksaan konsumsi kuota oleh aplikasi di ponsel biasanya dapat Anda lakukan melalui menu pengaturan data seluler.

Biasanya ponsel saat ini bisa menampilkan daftar aplikasi yang banyak mengonsumsi kuota internet.

Anda bisa melihat daftar tersebut dan merencanakan supaya tidak terlalu sering untuk mengakses aplikasi yang telah mengonsumsi kuota dalam jumlah besar.

Biasanya aplikasi yang bisa mengonsumsi cukup banyak kuota konsumsi adalah aplikasi dengan layanan berbagi video atau gambar, seperti Instagram dan TikTok.

5. Matikan data Background

Cara menghemat kuota internet yang berikutnya adalah dengan mematikan data Background atau data yang berjalan di latar belakang.

Data Background biasanya Anda gunakan agar aplikasi bisa terus mendapat pembaruan aktivitas.

Pembaruan aktivitas itu seperti terdapat notifikasi baru jika ada pesan masuk pada aplikasi pesan instan, meski Anda sedang tidak membuka aplikasi tersebut.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang itu juga membutuhkan data internet agar terus bisa berjalan mengirim pembaruan aktivitas.

Bila aplikasi tidak terlalu membutuhkan pembaruan aktivitas, Anda bisa mematikan data Background untuk menghemat kuota internet.

Pada ponsel Android, mematikan data Background biasanya bisa Anda lakukan lewat menu pengaturan aplikasi.

Setelah itu, pilih aplikasi yang hendak Anda nonaktifkan kemampuan pembaruan aktivitasnya di latar belakang.

Kemudian, pilih opsi yang biasanya bertajuk “Restrict data usage” dan nonaktifkan opsi “Background data” pada aplikasi tersebut.

Itulah lima tips menghemat kuota internet yang bisa Anda lakukan bila Anda tak memiliki jaringan WiFi, semoga bermanfaat.