5 Tips Menghemat Kuota Internet Saat Perjalanan Mudik Lebaran 2022

1. Matikan pengunduhan file otomatis

Beberapa aplikasi media sosial biasanya memiliki fitur pengunduhan file otomatis, misalnya seperti di WhatsApp.

Dengan mengaktifkan fitur ini, WhatsApp secara otomatis bakal mengunduh semua file, baik itu gambar maupun video, yang terkirim di ruang obrolan.

Pengunduhan file otomatis itu bakal mengonsumsi kuota sehingga bisa membuat boros pemakaian paket data.

Padahal, tidak semua file terkirim itu penting untuk diunduh.

Sebab itu, matikan pengunduhan file otomatis yang terdapat di aplikasi media sosial. Misalnya, Anda bisa mematikan pengunduhan file otomatis di WhatsApp dengan cara klik menu “Pengaturan”, lalu klik opsi “Penyimpanan dan Data”.

Selanjutnya, ubah pengunduhan file otomatis ke opsi “Jangan Pernah” atau “WiFi” (untuk mengizinkan pengunduhan otomatis hanya menggunakan jaringan WiFi).

2. Matikan pembaruan aplikasi otomatis

Pembaruan versi aplikasi juga bisa mengonsumsi kuota dalam jumlah yang cukup besar, kadang bisa mencapai 100 MB lebih.

Jika pembaruan dilakukan menggunakan jaringan seluler maka kuota bakal cepat habis.

Untuk itu, pengguna perlu mematikan pembaruan aplikasi otomatis yang menggunakan jaringan seluler agar bisa menghemat paket data internet.

Platform toko aplikasi di tiap ponsel, seperti Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone), biasanya punya pengaturan cara memperbarui aplikasi yang telah diinstal pengguna.

Pada iPhone, pembaruan aplikasi otomatis lewat jaringan seluler bisa dimatikan dengan cara mengakses menu “Pengaturan”. Kemudian, pilih opsi “App Store” dan nonaktifkan opsi “Pengunduhan Otomatis” di kolom “Data Seluler”.

3. Hindari pencadangan file menggunakan jaringan seluler

Sebaiknya, Anda tidak melakukan pencadangan file di platform Cloud, seperti iCloud atau Google Drive, dengan menggunakan jaringan seluler.

Saat menggunakan jaringan seluler, artinya proses pencadangan itu bakal mengonsumsi kuota internet dari paket data Anda.

Kadang tak sedikit jumlah kuota yang terpakai untuk mencadangkan file ke platform Cloud.

Semakin banyak file yang dicadangkan maka semakin banyak pula kuota internet yang dikonsumsi,hindari melakukan pencadangan file menggunakan jaringan seluler bila tak terlalu mendesak.

Supaya bisa menghemat kuota internet, Anda bisa melakukan pencadangan file dengan memanfaatkan jaringan WiFi saat tersedia.

BACA JUGA : WhatsApp Web Ternyata Bisa Digunakan di HP, Berikut Caranya