Implementasi 5G Kelas Dunia, Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Sejumlah Mitra

Implementasi 5G Kelas Dunia Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Sejumlah Mitra
Implementasi 5G Kelas Dunia Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Sejumlah Mitra

Selular.ID – Dalam acara Mobile World Congress, (MWC) 2022, 28 Februari hingga 3 Maret 2022, Indosat Ooredoo Hutchison berhasil memperkuat kerjasama guna implementasi teknologi 5G kelas dunia di Indonesia dengan gandeng para mitra strategis.

Yaitu Cisco, Ericsson, Huawei, dan Nokia untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia.

Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan menurut Global Mobile Economy Report 2022 yang diluncurkan pada Mobile World Congress 2022, adopsi 5G secara global akan terus meningkat, dengan jumlah total koneksi 5G yang diperkirakan akan mencapai 1 miliar pada tahun 2022.

Laporan ini juga menyoroti peran penting industri seluler dalam memperluas konektivitas di seluruh dunia melalui investasi infrastruktur jaringan.

“Indosat Ooredoo Hutchison akan melanjutkan peran penting ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan konektivitas jaringan di Indonesia, termasuk jaringan 5G dengan potensi besarnya untuk memberdayakan masyarakat luas,”ujar Vikram.

Baca Juga: Kemampuan yang Wajib Dikuasai Talenta Indonesia Imbangi Pertumbuhan Industri Digital

Sebagai mitra strategis, Indosat Ooredoo Hutchison dan Cisco akan menghadirkan layanan inovatif baru yang semakin gesit dan hybrid.

Indosat Ooredoo Hutchison dan Cisco berkolaborasi dalam mengembangkan solusi konektivitas generasi masa depan dalam arsitektur SASE cloud-first, di mana Indosat Ooredoo Hutchison saat ini telah berhasil menghadirkan solusi Software-Defined Wide Area Networking (SD-WAN) yang inovatif, dengan didukung oleh Cisco.

Di layanan 5G sendiri, Indosat Ooredoo Hutchison dan Ericsson juga telah memperkuat kemitraan strategis untuk lebih memperluas layanan jaringan 5G di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Jabodetabek.

Melalui kerjasama ini, Indosat Ooredoo Hutchison dan Ericsson bekerja sama untuk menyediakan jaringan yang berkelanjutan di Indonesia dengan mengurangi konsumsi energi layanan seluler tanpa mempengaruhi kinerjanya, dengan didukung oleh teknologi Radio 6626 milik Ericsson.

Jerry Soper Head of Ericsson Indonesia, mengatakan, Ericsson dengan Indosat Ooredoo Hutchison melalui penyediaan layanan 5G di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. 5G akan memainkan peran penting dalam mempercepat digitalisasi ekonomi dan mendorong inovasi masa depan bagi pelanggan individu dan perusahaan di Indonesia.

Di antara rangkaian Mobile World Conference 2022, Indosat Ooredoo Hutchison dan Huawei juga telah menandatangani kemitraan proyek strategis untuk percepatan integrasi radio access network (RAN), guna meningkatkan pengalaman digital bagi pelanggan sekaligus mendorong penghematan biaya, dengan didukung oleh teknologi 4G dan 5G terbaru milik Huawei.

Baca Juga: Indosat Ooredoo Hutchison Catat Laba Rp6,7 Triliun di 2021

Dennis Xiao, CEO Huawei Asia Pacific CNBG, mengatakan, dia meyakini bahwa Indosat Ooredoo Hutchison akan sukses dalam berinovasi dan menghadirkan pengalaman digital kelas dunia serta layanan digital yang lebih baik di Indonesia.

Selain itu, Indosat Ooredoo Hutchison juga memperkuat kemitraan strategis dengan Nokia untuk meluncurkan dan memperluas jaringan 4G dan 5G di seluruh Indonesia, hingga mencapai 1,4 juta kilometer persegi termasuk di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Jawa Tengah, dan Kota Surabaya dengan teknologi AirScale Nokia.