Layanan Oracle Cloud Exadata Tawarkan Keamanan yang Ketat

oracle cloud

Selular.IDOracle secara resmi luncurkan layanan Cloud Exadata di Indonesia, yang dapat menghadirkan kemampuan kinerja tinggi di balik firewall pusat data milik pelanggan.

Melalui solusi tersebut dapat memberikan organsasi kemampuan untuk mendapatkan pengalaman cloud public, memperoleh manfaat dari layanan, dan sekaligus memenuhi persyaratan untuk kewenangan dan keamanan data yang ketat.

Rusly Askar, Senior Director Cloud Platform Group, Oracle Indonesia menceritakan, Indonesia semakin merangkul teknologi digital, cloud, dan teknologi baru lainnya saat organisasi berupaya memodernisasi operasi mereka dan mendorong inovasi.

Baca juga: Pertempuran Satu Dekade Antara Google dengan Oracle Telah Usai

“Namun, pendekatan pemrosesan data konvensional tidak dapat mengimbangi pertumbuhan volume data dan persyaratan kepatuhan. Exadata telah lama menjadi platform pilihan untuk mendukung persyaratan data yang paling penting, tidak ada platform lain, infrastruktur yang dapat disesuaikan dengan keadaan, database, atau layanan cloud lain yang mendekati biaya atau kinerja serta kesederhanaan yang ditawarkan Exadata,” terang Rusly, Rabu, (9/2).

Selain itu, karena arsitektur Exadata yang sama seperti on premise cloud, membuat organisasi meyakini bahwa lingkungan TI mereka telah siap untuk menyambut masa depan perusahaan serta tidak perlu khawatir bahwa data perusahaan harus keluar dari data centernya.

“Melihat meningkatknya permintaan cloud di Indonesia dan kebutuhan berkelanjutan dari pelanggan untuk solusi hybrid, kami telah melihat minat yang baik dari organisasi swasta maupun publik yang ingin mendapatkan manfaat dari solusi baru ini,” lanjutnya.

Oracle Exadata merupakan cara paling sederhana untuk memindahkan database Oracle yang utama dan beban kerja bisnis yang penting, termasuk untuk sistem perbankan inti dan infrastruktur TI, ke cloud.

Selain itu, dengan Exadata tim TI juga dapat fokus dalam mendorong inovasi karena manajemen sumber daya cloud publik dan kemampuan Oracle Autonomous Database opsional memungkinkan mereka untuk menghilangkan hingga 80 operasi database manual.

Baca juga: Hadapi Tren Perubahan Belanja, Industri Ritel Andalkan Hybrid Cloud dan AI  

Versi terbaru, platform Oracle Exadata ini, melanjutkan arsitektur scale-out unik dari platform inti Exadata, yang dioptimalkan untuk mempercepat aplikasi analitik, dan pemrosesan SQL queries tingkat rendah, analitik, dan algoritme pembelajaran mesin.

Ini membantu menyederhanakan operasi TI, memungkinkan kombinasi OLTP, analitik, pembelajaran mesin, kapasitas memori dan beban kerja campuran apa pun untuk diselesaikan lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit sumber daya.