TCL Rilis Laptop Pertamanya, Ponsel Lipat, dan Kacamata AR

TCL Book 14 Go
TCL Book 14 Go

Selular.ID – Selain enam tablet dengan harga terjangkau, TCL juga meluncurkan laptop Windows 11 bertenaga Snapdragon untuk pelajar. Dan karena kacamata pintar sedang populer sekarang, TCL menghadirkan model Nxtwear yang baru dan lebih baik serta konsep untuk kacamata XR. Konsep lain yang ditunjukkan adalah ponsel lipat.

TCL Book 14 Go

Book 14 Go adalah laptop pertama TCL. Ini mengemas layar 14,1” dengan resolusi 1.366 x 768 px (60 Hz). Untuk melakukan panggilan video, pengguna bisa menggunakan kamera video 720p, ditambah speaker stereo (2x 1W) dan mikrofon internal.

Laptop ini didasarkan pada chipset Snapdragon 7c yang lebih lama (8 nm), bukan chip Gen 3 yang baru, tetapi ini dimaksudkan untuk menjadi laptop yang terjangkau untuk sekolah.

Laptop ini akan diluncurkan pada kuartal April-Juni di wilayah tertentu dengan harga $350 atau setara Rp5 juta dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Salah satu keunggulan SD7c dibandingkan kebanyakan laptop adalah chipsetnya memiliki konektivitas LTE yang selalu aktif (Cat. 4) dengan cadangan 4G, jadi jika dimasukkan kartu SIM ke dalamnya, pengguna akan memiliki akses Internet ke mana pun pergi. Ada juga Wi-Fi 5 (ac, 2×2 MIMO) untuk koneksi lokal, ditambah Bluetooth 5.1 untuk audio (walaupun ada jack standar 3,5 mm).

Dalam hal portabilitas, laptop ini memiliki ketebalan 14 mm dan berat 1,3 kg. TCL mengatakan itu adalah yang tertipis di kisaran harganya. Bodinya memang menggunakan sedikit plastik, dan dicat dengan warna abu-abu batu tulis yang oleh TCL dijuluki “Skywriting”.

Baterai tidak terlalu besar 40 WHr, tetapi chipset yang efisien berarti laptop memiliki waktu ketahanan 10-12 jam. Fitur bagus lainnya adalah laptop menggunakan Pengiriman Daya USB-C untuk pengisian daya 25W.

Ada dua port USB. Keduanya mendukung pengisian daya, tetapi satu juga menawarkan DisplayPort, sehingga pengguna bisa menghubungkan monitor eksternal. Ada juga USB-A biasa untuk aksesori lama.

Ponsel lipat “Project Chicago”

TCL Flex V
TCL Flex V

Masih sebuah konsep, perangkat prototipe ini menyebut dirinya “TCL Flex V”. Masih dalam proses produksi menuju ponsel lipat terjangkau, TCL menargetkan harga pasar $600-700 atau setara Rp8-10 jutaan, Samsung Galaxy Z Flip3.

Ini adalah flip clamshell seperti ponsel Samsung, namun engselnya memiliki celah yang lebih kecil saat ditutup dan lipatannya melebar, membuatnya lebih dangkal dan kurang terlihat. Rasio aspek tidak setinggi Z Flip (21:9 vs 22:9).

Sedangkan untuk tampilan eksternal, ukurannya kecil dan sebagian besar digunakan untuk notifikasi, meskipun pengguna bisa menggunakannya sebagai jendela bidik untuk mengambil foto selfie.

Perangkat prototipe ini ditenagai oleh Snapdragon 765G dan baterai 3.545 mAh. Ada kamera 44 MP di bagian depan dan duo 48+16 MP di bagian belakang.