Shopee dan TikTok Dominasi Trafik Data Telkomsel selama Natal 2021

Telkomsel

Selular.ID – Sesuai prediksi di awal Desember, trafik data operator dikuasai penyedia layanan digital. Dua yang terbesar adalah aplikasi e-commerce dan platform video. Hal itu diungkapkan oleh Telkomsel area Central.

“Selama Natal 2021, layanan yang paling banyak mengkonsumsi data adalah e-commerce, Google Service, video, dan communication,” ujar Hari Samsuri, Manager RAN and Transport Operation Inner Jabotabek, Telkomsel, pada acara Media Update Natal & Tahun Baru 2021, pada Rabu (29/12/2021).

Trafik data di layanan e-commerce yang dipimpin oleh Shopee dan Tokopedia tercatat melonjak 94,43% selama hari Sabtu saat perayaan Natal.

Layanan video yang Youtube dan Tiktok melejit 6,12% dan 13,06% selama Natal 2021 dibandingkan hari normal.

Kemudian trio Meta juga merajai media sosial yakni Facebook naik 6,58% lalu Instagram memanjat 4,23% dan WhatsApp menanjak 7,11%.

Ada sedikit perbedaan dari prediksi sebelumnya dimana layanan games akan mendominasi trafik. Ternyata pada saat Natal, games bukan opsi favorit warga Jakarta dalam menghabiskan Sabtu hikmat.

Satu hal yang menarik, mobilitas warga sepertinya benar-benar terjaga saat Natal karena di jaringan Telkomsel trafik data untuk layanan Google Maps menurun sebesar 17,88%.

Jika Anda pelanggan Telkomsel dan tinggal di area Jakarta, bagaimana komentar kalian dengan catatan Telkomsel di atas? Apakah sesuai dengan kebiasaan Anda saat Natal tahun ini?