iPhone 13 Tidak Didukung Peredam Bising

Apple beralih ke USB-C, harga iPhone bekas bakal anjlok.
Apple beralih ke USB-C, harga iPhone bekas bakal anjlok.

Selular.ID – Beberapa waktu lalu, sejumlah pengguna iPhone 13 mengeluhkan absennya fitur noise cancellation, atau peredam bising di perangkat mereka.

Beberapa minggu yang lalu, 9to5Mac melaporkan keluhan pengguna iPhone 13 tentang kurangnya fitur peredam bising untuk panggilan telepon melalui pengaturan Aksesibilitas yang tersedia untuk semua iPhone sebelumnya, tetapi tidak untuk iPhone yang lebih baru.

Salah satu pengguna di forum Apple Support melaporkan, tidak dapat menemukan tombol untuk mematikan atau menghidupkan fitur noise cancelation di iPhone 13 Pro Max. Apakah ini telah dipindahkan atau dihapus.

Pihak Apple menuturkan, bahwa selama berbulan-bulan mengatakan untuk menunggu pembaruan memperbaiki masalah, dia meyebutkan tidak akan diperbaiki, dan noise cancellation sengaja dinonaktifkan untuk perangkat tersebut dengan alasan yang tidak ditentukan.

Namun pihak Apple menyebutkan bukan berati Apple tidak memiliki pembaruan tentang ini. Noise cancellation tidak tersedia pada model iPhone 13, itulah sebabnya pengguna tidak melihat opsi ini di pengaturan.

Seperti diketahui secara default, iPhone menggunakan peredam bising untuk mengurangi kebisingan suara latar belakang sekitar ketika menerima panggilan telepon.

Peredam bising pertama kali diperkenalkan di iOS 7, dan bekerja dengan memantau tingkat kebisingan latar belakang sekitar dan menghasilkan sinyal audio terbalik untuk ‘membungkus’ kebisingan latar belakang, sehingga pengguna tidak mendengarnya saat melakukan panggilan telepon.

Baca Juga: Kualitas Kamera Vivo X70 Pro Kalahkan Iphone 13

Teknologi ini paling baik digunakan untuk kebisingan latar belakang tingkat rendah yang terus-menerus.

Namun, terkadang fitur dapat menghasilkan percakapan telepon yang sangat sunyi. Selain itu, beberapa orang merasa bahwa efek peredam bising menghasilkan suara yang kurang nyaman, terutama saat menggunakan headset.