Gudang Festival Upaya Surge Percepat UMKM di Jawa Timur Go-Digital

Gudang Festival.
Gudang Festival Surge,

Selular.ID – Surge, bersama-sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Republik Indonesia, dan Induk Koperasi Unit Desa (INKUD), menghadirkan festival Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Warung bertajuk Gudang Festival, sebagai upaya percepat UMKM Go-digital

Festival dua hari penuh ini menjadi ajang untuk memperkenalkan program Go-Digital berbasis gudang Koperasi Unit Desa (KUD) dari Surge bagi masyarakat lokal.

Peluncuran pertama di Provinsi Jawa Timur ini diharapkan dapat menjaring lebih banyak lagi mitra UMKM dan warung yang dapat masuk dalam ekosistem digital Surge, membuka akses pasar yang lebih luas bagi potensi bisnis lokal, serta memberikan nilai tambah yang nyata bagi perekonomian daerah.

Seperti yang diketahui, Surge telah mengaktivasi ratusan titik gudang KUD di sepanjang Jawa yang berfungsi sebagai fulfillment center berbagai produk dari kebutuhan sehari-hari maupun produk-produk UMKM lainnya yang telah membantu para pedagang warung mendapatkan pasokan produk yang akan dijual secara mudah, murah, dan cepat serta membantu mitra UMKM lokal dalam memasarkan produknya.

Potensi nilai transaksi dari aktivasi gudang-gudang ini mencapai Rp 500 Miliar per bulan dengan potensi customer base mencapai 1 juta mitra UMKM dan warung yang tergabung dalam ekosistem Surge.

Hermansjah Haryono CEO Surge menyampaikan. berawal di Piyungan, Kabupaten Bantul, program ini berlanjut ke puluhan kabupaten lainnya di Jawa Tengah dan kini hadir di Jawa Timur seiring perkembangan teknologi yang semakin meningkat di daerah Tier-2 dan Tier-3.

“Hanya dalam waktu 7 (tujuh) bulan beroperasi, Surge telah mengelola puluhan gudang KUD di Pulau Jawa yang menjual kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari dengan harga yang terjangkau dan memiliki lebih dari 22 ribu mitra UMKM maupun mitra warung, terang Hermansjah.

Dijelaskan Hermansjah, kehadiran program Gudang Festival di Mojokerto, Nganjuk dan wilayah lainnya, diharapkan dapat memperluas jangkauan dukungan dalam mengembangkan perekonomian daerah lewat akses digital yang lebih baik.

Tak hanya menjadi distributor saja, pelaku UMKM lokal juga akan lebih mudah menjadi supplier sehingga produk unggulan di tiap daerah dapat diperkenalkan pada puluhan ribu mitra/

Fokus Surge tentu saja bagaimana menyediakan konektivitas, teknologi, aplikasi, maupun marketplace yang dapat mempermudah dan mempercepat perkembangan aktivitas gudang.

Kedepannya, Surge membuka peluang seluas-luasnya bagi para pelaku UMKM dan warung yang terpilih untuk mendapatkan edukasi, pendampingan bahkan pendanaan secara berkelanjutan.

Program Gudang Festival yang dihadirkan oleh Surge dan INKUD sejalan dengan program strategis Kementerian Koperasi dan UKM untuk mempercepat UMKM Go-Digital.

Hermansjah menambahkan, dengan tiga pilar usaha terpadu yakni konektivitas, kebutuhan harian dan media & hiburan, Surge terus hadirkan inovasi yang dapat mengatasi tantangan dan peluang digitalisasi secara cepat dan merata.

Tak berhenti di pelaku UMKM saja, masyarakat sekitar yang memiliki talenta kreatif dapat berkesempatan berkontribusi memajukan roda perekonomian daerah melalui industri ekonomi kreatif.

Kedepannya, Surge akan hadirkan program Gudang Kreatif yang berfungsi tak hanya untuk pelatihan dan pendampingan, tetapi wadah dan fasilitas bagi masyarakat dalam menciptakan konten-konten kreatif lokal untuk mendukung para UMKM dan Warung.

“Kedepannya, melalui kolaborasi strategis bersama Kemenkop UKM serta INKUD maupun para pemerintah daerah, dapat juga membuka peluang kreator lokal dan pelaku UMKM, asal daerah ke tahap yang lebih luas dan berkompetisi dalam persaingan secara global maupun dunia internasional.” tutur Hermansjah.

Baca Juga:Surge Gelar Jaringan Fiber Optik Sepanjang 2.800 Km di Rel Kereta Api, Rampung Q1 2022

Sebagai informasi, acara Gudang Festival sebagai ajang sosialisasi dan registrasi mitra UMKM dan warung di Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Nganjuk pada 12 & 13 Januari 2022.

Dalam festival dua hari tersebut, Surge juga menyelenggarakan Bazar dan pelatihan agar UMKM dan warung dapat memasarkan produknya kepada warga lokal di sekitar lewat aplikasi marketplace.