Dipecundangi Apple, Samsung Bukan Lagi Penguasa Pasar Smartphone Global

Daftar harga iPhone bulan April 2022.
Daftar harga iPhone bulan April 2022.

Selular.ID – Apple akhirnya sukses memutus hegemoni Samsung. Pabrikan yang bermarkas di Cupertino, California itu, menjadi penguasa pasar smartphone global pada Q4-2021.

Laporan firma riset Canalys, menunjukkan Apple mampu menggamit 22% pengiriman smartphone di seluruh dunia, berkat permintaan yang tinggi dari iPhone 13.

Menurut Analis Canalys, Sanyam Chaurasia, pertumbuhan Apple di kuartal tersebut didorong oleh kinerja yang luar biasa dari iPhone 13 dengan harga agresif dan menjaga kosistensi proposi nilai dari perangkat.

Canalys menambahkan, sukses Apple merebut posisi puncak, tak lepas dari pengiriman smartphone secara keseluruhan di kuartal tersebut yang hanya tumbuh 1%. Saat semua vendor tengah berjuang menghadapi masalah rantai pasokan dan berupaya bangkit dari dampak kasus Covid-19.

Meski dibelit persoalan yang sama, Apple dalam posisi lebih baik karena memiliki posisi tawar yang lebih tinggi kepada vendor, Sehingga relatif mampu mengatasi persoalan rantai pasokan, termasuk pasokan chip yang terbatas.

Baca Juga: Top 10 Smartphone Flagship di Desember 2021 Versi AnTuTu

Naiknya Apple ke posisi puncak, dengan sendirinya menggeser Samsung yang turun ke posisi dua. Chaebol Korea Selatan itu, hanya meraup 20% pangsa pasar sepanjang Q4-2021.

Xiaomi yang berada di peringkat ke tiga, hanya meraih persentase 12%, Diikuti oleh Oppo pada posisi empat dengan pangsa pasar 9%, menurun sebesar 1% dibandingkan periode yang sama 2020.

Menggenapi posisi lima besar di tempati oleh Vivo. Vendor yang sama-sama dengan Oppo, bernaung di BBK Group itu, juga mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, dengan kinerjanya di pangsa pasar Q4 2021 sebesar 8%.

Bagi Samsung, sejatinya ini bukan kali pertama mereka turun peringkat. Pada kuartal kedua 2020, Huawei secara mengejutkan mampu mengambil alih posisi pertama dari Samsung sebagai brand smartphone terlaris global. Posisi yang selama 5 tahun lebih dipegang oleh Samsung. Padahal, Huawei saat itu telah kehilangan dukungan dari Google imbas ‘perang dingin’ dengan Amerika Serikat.

Baca Juga: Canalys: Top 5 Vendor Smartphone Global Q3-2021

Menurut riset pasar Canalys, Huawei mengirimkan 55,8 juta unit ponsel sepanjang April hingga Juni 2020. Jumlah tersebut sejatinya turun 5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meski turun, jumlah pengiriman ponsel Huawei tetap menjadi yang paling banyak, sebab penguasa pasar ponsel dunia sebelumnya, Samsung juga mengalami penurunan pengiriman yang signifikan.

Canalys mencatat pada kuartal II-2020 lalu Samsung mengirim 53,7 juta unit ponsel. Jumlah itu turun 30 persen dari jumlah pengiriman pada periode yang sama tahun lalu.

Melesatnya posisi Huawei, juga disebabkan pandemi Covid-19 yang menimbulkan lockdown di banyak negara di Eropa dan membatasi penjualan smartphone. Di sisi lain, pasar dalam negeri China sudah mulai membaik. Sehingga hal ini menguntungkan vendor-vendor China, termasuk Huawei.

Baca Juga: Apple Rebut Posisi Pertama Pangsa Pasar Smartphone Global Q4 2021