Canalys: Pengiriman PC Global Meningkat 15%, Lenovo Memimpin

Seperti yang ditunjukkan oleh analis senior Canalys, Ishan Dutt, melaporkan bahwa PC memiliki tahun yang luar biasa terlepas dari masalah pasokan chip, dan Dutt melihat PC masih menjadi perangkat yang kuat sebagai bagian dari kehidupan kerja pengguna.

“Agar pasar mencatat pertumbuhan dua digit sejak tahun 2020, terlepas dari awan kendala pasokan yang konstan, menunjukkan seberapa kuat permintaan PC selama 12 bulan terakhir. Dalam jangka panjang, perkembangan terpenting pada tahun 2021 adalah peningkatan besar dalam penetrasi PC dan tingkat penggunaan,”

Vendor Pc yang menduduki peringkat pertama dalam pengiriman pada tahun 2021 ditempati oleh Lenovo, lalu HP di peringkat ke 2 dan Dell di peringkat ke 3 dengan Apple berada di urutan keempat.

Perlu dicatat bahwa semua bidang mengalami tahun yang baik, seperti yang ditunjukkan grafik di bawah ini, Apple memiliki angka pertumbuhan terbesar dari tahun ke tahun sebesar 28,3%, sementara Acer berada di urutan kedua dengan pertumbuhan 21,8% meskipun secara keseluruhan berada di urutan kelima dalam hal pengiriman.

Baca Juga: Laptop Lenovo ThinkPad Z Series Mendarat dengan Bahan Daur Ulang

data PC Canalys

Dalam hal pangsa pasar, Lenovo dan HP adalah pemenang yang jelas dengan masing-masing 24,1% dan 21,7%. Dell berada di urutan ketiga dengan 17,4% dengan Apple keempat dengan 8,5%.

Meskipun kekurangan chip diperkirakan akan berlanjut hingga tahun ini, dan ada spekulasi bahwa pasar pendidikan mungkin akan jenuh, Canalys menegaskan bahwa 2022 akan menjadi tahun yang kuat untuk penjualan PC.